Ilustrasi | Posko Kesehatan
Ilustrasi | Posko Kesehatan

Dinkes Kabupaten Bekasi Siagakan Posko Kesehatan Selama Libur Natal dan Tahun Baru

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi sedikitnya bakal menyiagakan 13 posko pelayanan kesehatan selama libur natal dan tahun baru 2019. 

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kabupaten Bekasi, Wawan Hernawan mengatakan, pendirian posko kesehatan merupakan bagian kesiapsiagaan Pemkab Bekasi untuk antisipasi selama libur natal dan tahun baru.

“Tujuannya tidak lain untuk memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan gawat darurat apabila terjadi insiden kecelakaan selama libur natal dan tahun baru,” kata Wawan Hernawan, Minggu (16/12).

Dijelaskan Wawan, Posko tersebut rencananya bakal dioperasikan mulai H-1 hingga H+10 Natal dan dibuka selama 24 jam. Posko tersebut berada di ruas tol Jakarta-Cikampek sebanyak 3 titik dan sisanya berada di jalur arteri. Selain Posko Kesehatan, Dinkes Kabupaten Bekasi juga akan mengerahkan  puluhan unit mobil ambulance.

“Disini kita banyak melibatkan ratusan tenaga medis dan puluhan armada ambulance dari  Puskesmas. Kalau pasien masih bisa kita tangani di posko ya di posko. Jika tidak, kami akan rujuk ke RS,” ungkapnya.

Meski demikian, diakuinya sampai saat ini pihaknya masih menunggu kordinasi lanjutan, baik dari pihak kepolisan dan pihak lainnya. Artinya jika ada usulan perubahan lokasi posko, pihaknya akan mengikuiti sepanjang lokasi itu memang benar-benar strategis.

“Kita menunggu kordinasi dari pihak kepolisian kalau memang harus dipindah ya tinggal geser saja,” imbuhnya.

Masih kata dia, ke 13 posko itu diantaranya dibuka di sampingBussines Park Tambun Selatan, Pasar Tambun, Lampu Merah Cibitung, PosPengamanan (Pospam) Kalijaya Cikarang Barat, sebelah PT. Indo Beras Unggul Kecamatan Kedungwaringin dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kedungwaringin. Sementara di Tol Jakarta Cikampek diantaranya di rest area KM 19 dan rest area KM 39.

“Dalam posko tersedia fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Mulai tempat istirahat ,obat-obatan, alat kesehatan dan itu diberikan secara gratis,” tutupnya. (BC/SAR)

Baca Juga

Puncak Arus Balik Tahun Baru 2019, Volume Lalin di Gerbang Tol Cikarang Utama Naik 58,24%

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik libur tahun baru 2019 di …

Malam Tahun Baru, 13 Titik Keramaian di Kabupaten Bekasi Dijaga Ketat Polisi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA –  Sebanyak 13 titik keramaian di Kabupaten Bekasi menjadi fokus pengamanan pihak …

error: