Ilustrasi Dana Desa
Ilustrasi Dana Desa

Dana Desa Termin III Belum Cair, Pegawai Desa ‘Lungse’

BERITACIKARANG.COM, SUKAKARYA – Belum cairnya dana desa termin III membuat para pegawai desa resah dan berimbas kepada pelayanan masyarakat. Sebab, banyak pegawai yang enggan ‘ngantor’ dengan alasan belum juga memperoleh honor yang bersumber dari dana tersebut.

BACA: Pengawasan Dana Desa di Kabupaten Bekasi, Peran Inspektorat Bakal Diperkuat Tahun Depan

Anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukakarya, Tile mengakui hal itu. “Belum cairnya dana desa sangat berdampak, Bang. Pada lungse (lemes-red) dan hanya sebagian pegawai yang ngantor,” ujarnya, Kamis (29/11).

Padahal, kata dia, saat ini pihak desa sudah menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPj) anggaran dana desa termin sebelumnya sebagai persayaratan pencairan dana desa termin III. “Kalau SPj (desa-red) di Kecamatan Sukakarya sebetulnya sudah rapih semua,” ungkapnya.

BACA: DPMD Kabupaten Bekasi: Dana Desa Jangan Hanya Buat Bangun Jalan

Namun demikian, diakuinya pihak desa juga tengah menunggu verifikasi dan pengesahan dari pemerintah kecamatan terkait SPj dana desa termin sebelumnya yang sudah dibuat oleh pemerintah desa. “Kami juga nunggu BA  (Berita Acara-red) dari Camat saja,” kata dia.

Oleh karenanya, ia berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dapat segera mentransfer dana desa. “Mudah-mudahan bisa segera ditransfer sehingga pemerintah desa bisa tidak kesulitan dalam melakukan pelayanan,” imbuhnya.

BACA: Dana Desa Tahap 3 Belum Bisa Dicairkan, Ini Penyebabnya...

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Aat Bahrhaty mengatakan belum ditransfernya dana desa termin III dikarenakan masih banyaknya pemerintah desa yang belum menyelesaikan SPj dana desa termin sebelumnya. Hal itulah yang menjadi penyebab lambatnya proses transfer dana desa termin III.

“Belum cairnya dana desa dikerenakan saat ini masih banyak desa yang belum melaporkan penggunaan dana sebelumnya. Sebab, sesuai aturan jika belum selesai laporan yang sebelumnya maka Pemkab belum bisa mentransfer,” singkatnya. (BC/SAR)

Baca Juga

Tim sepakbola U-15 yang akan mewakili PSSI Kabupaten Bekasi di Piala Suratin 2019 Jawa Barat

Kirim Tim U-13 dan U-15, PSSI Kabupaten Bekasi Siap Berlaga di Piala Suratin 2019

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – PSSI Kabupaten Bekasi mengirimkan dua tim untuk berlaga di Piala Suratin …

Kegiatan pembinaan bagi para relawan kebencanaan oleh BPBD Kabupaten Bekasi melalui Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muaragembong

Melalui FKDM, BPBD Kabupaten Bekasi Ajak Relawan Siap Siaga Hadapi Bencana

BERITACIKARANG.COM,  MUARAGEMBONG – Terjadinya suatu bencana terkadang tidak bisa diprediksi sehingga diperlukan adanya kewaspadaan untuk …