Cegah Banjir, Pemkab Bekasi Gelorakan Aksi ‘Bebersih’ Secara Masif

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggagas gerakan membersihkan sungai atau saluran air dari sampah. Tindakan ini untuk mencegah bencana banjir akibat tersumbatnya aliran air karena tersumbat tumpukan sampah.

“Kita melihat sekarang sudah memasuki musim penghujan, dan nantinya pasti akan banjir dimana-mana. Sekarang saya ingin kita semua mengantisipasi bencana banjir dengan mengadakan gerakan secara masif,” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memimpin rapat terkait pencegahan banjir dengan para Camat se-Kabupaten Bekasi di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Selasa (03/11).

Eka menjelaskan aksi bebersih ini diharapkan dapat dilakukan secara serentak di wilayah Kabupaten Bekasi, serta dilakukan bersama oleh Pemerintah Daerah, Camat, Kepala Desa, RT, RW dan semua komponen masyarakat.

“Gerakan secara masif ini kita namakan Pekan Gotong Royong Bekasi Bebas Banjir. Dalam gerakan bersama ini saya ingin melibatkan semua kalangan masyarakat, baik dari Pemerintah Daerah sampai komunitas pencinta lingkungan harus kita libatkan dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Aksi bebersih ini rencananya akan dilaksanakan pada akhir pekan ini. “Insya Allah kegiatan ini akan kita langsungkan di hari Sabtu tanggal 7 November jika tidak ada halangan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Eka juga berpesan kepada para Camat untuk terus semangat, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda sampai saat ini. Dirinya mengatakan, slogan Bekasi Dua Kali  Tambah Baik diharapkan dapat memotivasi kinerja Pemerintah Daerah dari segi kualitas, kecerdasan, kekompakan, dan kecepatan dalam membangun Kabupaten Bekasi lebih baik lagi. (***)

Baca Juga

Evakuasi mandiri warga di Kp. Bojong Poncol, Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran yang terjebak air luapan sungai Citarum, Minggu (21/02).

Banjir Rendam 19 Kecamatan, Legislator Desak Pemkab Bekasi Tetapkan Status Tanggap Darurat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno mendesak Pemkab Bekasi menetapkan status tanggap darurat. Hal ini …

Banjir yang melanda pemukiman warga di Kp. Kalendarwak, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur.

Banjir di Kabupaten Bekasi Mulai Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Banjir yang melanda Kabupaten Bekasi mulai surut. Namun demikian, masih ada …