puting beliung babelan
puting beliung babelan

BPMPD Kabupaten Bekasi diminta Perbaiki Rumah Korban Puting Beliung di Babelan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Rumah warga di Kp. Tambun, Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan rusak berat akibat diterjang puting beliung pada Rabu (29/03) kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan, tidak ada korban dalam bencana puting beliung tersebut. Hanya saja, sedikitnya tujuh rumah rusak berat akibat tersapu kuatnya angin.

BACA : Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga di Kecamatan Babelan

“Tim kami sudah ke lapangan begitu mendengar ada informasi puting beliung. Namun kami pastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka berat atau ringan. Saat kejadian, para penghuni sudah keluar dari rumahnya. Namun ada tujuh rumah yang mengalami rusak berat. Itu kejadiannya sekitar jam 3 sore,” kata Aspuri saat dihubungi melalui telfon selulernya, Jum’at (31/03).

Dijelaskan olehnya, angin yang datang dari arah utara terbilang kencang. Bahkan, tiupan angin berlangsung hingga Kecamatan Cabangbungin. “Jadi ada dua kecamatan, Babelan sama Cabangbungin. Anginnya itu sampai ke Cabangbungin tapi tidak ada rumah yang rusak hanya saja pohon-pohon di sana ikut tersapu,” kata dia.

Menurut Aspuri, tidak ada penghuni yang dievakuasi ataupun didirikan tenda pengungsian akibat bencana ini. Soalnya, para pemilik rumah memilih tetap tinggal di dalam rumah serta ada pula yang menginap di rumah kerabat. Meskipun demikian, dia memastikan, bantuan sudah disampaikan.

Berdasarkan aturan, lanjut dia, persoalan bencana menjadi tanggung jawab seluruh organisasi perangkat daerah. Untuk itu, kondisi ini akan dilaporkan ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi agar segera diberikan bantuan melalui program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

“Yang dibutuhkan masyarakat sekarang itu perbaikan rumah. Kami sudah berkoordinasi dengan BPMPD untuk segera dibangunkan, karena mereka punya anggaran rutilahu. Sedangkan bantuan lainnya sepeti logistik sudah disampaikan. Kami juga terus memantau bilamana ada akibat lain yang ditimbulkan,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi Gantung Diri

Tragis, Seorang Ayah di Babelan Gantung Diri Ditemukan Anaknya

BERITACIKARANG.COM, BABELAN  –  Seorang pria berinisial M (59) asal Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan nekat mengakhiri …

Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat menjinakan si jago merah, Minggu (09/02).

Gudang Pabrik Rempah di Babelan Ludes Dilalap Si Jago Merah

BERITACIKARANG.COM, BABELAN –  Gudang pabrik rempah yang berada di Jl.Raya Pangkalan No.27, Desa Kedung Pengawas, …