60 Titik Jalan Dibangun dengan Skema E-Katalog

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi bakal menerapkan sistem pengadaan e-katalog pada sekitar 60 pekerjaan perbaikan jalan.

Sistem ini dipilih karena dinilai mampu mempercepat proses administrasi. Selain itu, kualitas pekerjaan dengan pengadaan e-catalogue diyakini lebih baik. Pasalnya garansi pada masa pemeliharaan lebih banyak, mencapai dua tahun.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Jalan Heru Pranoto mengatakan, 60 titik jalan itu tersebar di berbagai daerah mulai dari Babelan, inspeksi CBL hingga beberapa titiknya lainnya di wilayah selatan dan utara.

“Jadi yang akan masuk e-katalog itu sekitar 60 titik kegiatan di banyak lokasi. Ini yang bakal dilakukan dengan sistem ini,” ucap dia.

Pekerjaan dengan e-catalogue ini, lanjut Heru, difokuskan pada kegiatan rekonstruksi. “Jadi yang diperbaiki, yang jalannya sudah sangat rusak, diperbaiki karena memang kebutuhannya demikian,” ucap dia.

Kepala Bidang Jalan Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto
Kepala Bidang Jalan Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto

Seperti diketahui, salah satu ruas jalan yang diperbaiki dengan skema e-katalog yakni Jalan Inspeksi Kalimalang di Desa Sukadanau Kabupaten Bekasi.

Perbaikan Jalan Kalimalang awalnya baru bisa dilaksanakan pada April-Mei mendatang. Namun, pemerintah daerah menerapkan percepatan sehingga proyek digelar lebih cepat. Ditargetkan, perbaikan jalur ini selesai sebelum Idul Fitri.

“Dan ini pun ada percepatan, yang kami kira baru bisa setelah lebaran baru bisa dikerjakan, ini sekarang bisa dikerjakan karena ada metode baru dalam pengadaannya, yaitu melalui e-katalog,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Penerapan e-katalog, kata Dani, mampu memangkas waktu persiapan pengerjaan. Semula harus menunggu proses tender hingga 40 hari, kini hanya memerlukan waktu kurang dari satu minggu.

“Jadi ini bersejarah, kontraktor pertama yang kami pilih melalui proses pemilihan e-katalog. Jadi yang tadinya harus 40 hari lebih, ini hanya 1 minggu beres, langsung kontrak, langsung kerjakan. Maka pengerjaannya pun lebih cepat, targetnya sebelum lebaran ini sudah harus selesai,” ucap dia. (***)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait