15 Ribu UMKM Dapat Bantuan Modal Rp 1 Juta dari Pemkab Bekasi

Sentra UMKM di Central Park Meikarta
Sentra UMKM di Central Park Meikarta

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan memberikan bantuan dalam bentuk modal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program yang diberinama Bantuan Usaha Mikro (BUM) ini rencananya akan didistribusikan pada bulan ini.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan Pemkab Bekasi akan memberikan bantuan berupa uang kepada para pelaku usaha mikro. Bantuan tersebut berasal dari anggaran refocusing seluruh Perangkat Daerah pada APBD Kabupaten Bekasi tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“BUM ini memberikan modal kepada usaha mikro. Target penyalurannya diusahakan bulan Agustus ini, setelah selesai refocusing, dana siap, lalu akan kita salurkan,” kata Dani Ramdan, Jum’at (13/08).

Dani menjelaskan, ada sekitar 15 ribu pelaku usaha mikro yang ditargetkan akan mendapat suntikan dana dari pemerintah daerah. Mereka yang mendapat bantuan adalah pelaku usaha yang tidak kebagian dana Bantuan untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dari pemerintah pusat. Masing-masing dari mereka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta

“Datanya sudah ada, tapi tetap akan diverifikasi ulang, Karena bantuan ini betul-betul harus diberikan kepada mereka yang punya usaha dan betul-betul terdampak Covid-19 supaya pulih lagi,” kata dia.

Dengan adanyan bantuan ini diharapkan pelaku usaha kecil di Kabupaten Bekasi dapat mengembangkan usahanya. Jika kegiatan usaha mikro tersebut meningkat setelah diberikan bantuan, maka di tahun 2022 Pemkab Bekasi akan mendorong pelaku usaha tersebut untuk mendapatkan bantuan yang lebih besar melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dengan seperti itu mudah-mudahan sambil ekonomi pulih, omset mereka dapat naik sehingga tahun depan akan kita dorong untuk mendapatkan bantuan yang lebih besar dengan KUR,” kata Dani.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan UMKM mendapat perhatian dari Pemkab Bekasi. Sebab, usaha mereka sangat terdampak pandemi COVID-19. Bahkan, kata Iyan, banyak UMKM di Kabupaten Bekasi yang mengalami penurunan omzet yang cukup drastis.

Selain memberi suntikan modal, Pemda juga memberi bantuan berupa pembinaan pembuatan kemasan hingga membantu proses perizinan sertifikat halal.

“Yang jelas yang sangat terdampak adalah UMKM. Di mana saat pandemi ini banyak usaha mikro yang gulung tikar. Hal ini jadi perhatian pemerintah,” kata Iyan. (BC)

Pos terkait