1.930 Orang Dari 30 PKBM Ikuti UN Paket C

Sedang melakukan ujian nasional paket C

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini mengubah regulasi Ujian Nasional (UN) Paket C, UN yang biasanya digelar seminggu setelah UN pendidikan formal menengah atas, kini diselenggarakan dengan jadwal yang sama.

Di Kabupaten Bekasi ada 5 titik yang menyelenggarakan UN Paket C dengan jumlah peserta mencapai 1.930 orang dari 30 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Bacaan Lainnya

Salah satunya di SDN Mekarsari 01, Tambun Selatan, sekitar 652 peserta dari 2 PKBM mengikuti UN di sekolah tersebut. Ketua Panitia UN Paket C di SDN Mekarsari 01, Abdul Fattah, mengatakan, pelaksanaan UN berjalan lancar dengan dihadiri para siswa.

“Paket C mata pelajaran yang diujikan sama dengan formal untuk IPA dan IPS. Jadwalnya sama, hanya jamnya yang berbeda. Diselenggarakan setelah pendidikan formal, ada yang menumpang di SD dan SMP,” jelasnya.

Mayoritas peserta Paket C tahun ini berada pada usia sekolah, disusul usia produktif seperti 30 sampai 40-an dan beberapa usia 50 tahunan ke atas.

“Paket ini kan pendidikan orang dewasa, beda dengan anak usia sekolah. Ada peserta didik yang berada di atas usia sekolah, usia produktiflah, 30 puluhan,” jelasnya.

Pada UN yang berlangsung Selasa (5/4/2016), sekira 60 orang tidak bisa menghadiri karena berbagai penyebab, diantaranya sakit dan tidak mendapatkan izin dari tempat bekerja.

“Untuk yang tidak ikut hari ini bisa ikut susulan yang dimulai Senin (11/4/2016) depan,” singkat pria yang juga menjabat Ketua PKBM Rini Handayani tersebut.

Di Tambun Selatan, terdapat 2 sekolah yang dipakai untuk pelaksanaan UN Paket C, diantaranya SDN 01 Setiadarma dengan 180 peserta dan SDN Mekarsari 01 dengan 294 peserta. (*)

Pos terkait