Wujud Moderasi Beragama di Cikarang, Gereja dan Masjid Dibangun Bersama

Proses pemasangan tiang pancang pembangun gereja paroki Ibu Teresa Cikarang, Jum'at (19/01).
Proses pemasangan tiang pancang pembangun gereja paroki Ibu Teresa Cikarang, Jum'at (19/01).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Setelah melalui proses penerbitan izin pembangunan gedung dan peletakan batu pertama, pembangunan gereja paroki Ibu Teresa Cikarang memasuki tahapan pemasangan tiang pancang. Pembangunan diharapkan bisa berlangsung secara cepat dan bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya seiring berjalannya rencana pembangunan Masjid Al Muhajirin Lippo Cikarang.

BACA: Penantian Belasan Tahun, Dani Ramdan Wujudkan Mimpi Umat Katolik Kabupaten Bekasi

Bacaan Lainnya

“Dalam satu tahun ke depan pembangunannya mudah-mudahan bisa selesai sehingga untuk natal 2024 ini mudah-mudahan umat katolik Kabupaten Bekasi bisa menggunakan gerejanya yang baru,” kata Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat ditemui usai menghadiri seremonial pemasangan tiang pancang pembangunan gereja paroki Ibu Teresa Cikarang, Jum’at (19/01).

Dirinya menuturkan pembangunan rumah ibadah umat katolik ini diharapkan menjadi sebuah paradigma baru di Kabupaten Bekasi, yakni jika telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, pembangunan rumah ibadah harus didukung dan dipercepat agar setiap warga negara bisa mendapatkan haknya dalam menjalankan ibadah sesuai ajaram agamanya masing-masing.

“Pembangunan rumah ibadah sepanjang ketentuan peraturan dipenuhi maka harus didukung dan dipercepat agar hak konstitusi warga negara dalam menjalankan dan membangun rumah ibadah bisa terpenuhi,” ungkapnya.

BACA: Jalan Sehat Moderasi Beragama, FKUB Kabupaten Bekasi Pupuk Persatuan dan Kesatuan Warga

Saat ini, pihaknya pun tengah mendorong agar pembangunan masjid Al Muhajirin di dekat gereja paroki Ibu Teresa Cikarang juga dapat dapat diselesaikan pada akhir tahun 2024, beriringan dengan rampungnya proses pembangunan gereja.  Berdasarkan informasi yang diterimanya, pembangunan masjid yang akan dibantu sepenuhnya oleh PT. Lippo Cikarang tersebut saat ini tengah memasuki proses lelang.

“Untuk pembangunan masjid sepenuhnya dibantu PT. Lippo Cikarang. Informasi yang saya terima saat ini sedang memasuki proses tender (lelang) dan setelah lebaran mungkin akan dimulai pembangunannya sehingga diharapkan selesainya bisa bareng dengan gereja. Jadi kita bersama-sama merayakan dan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing dan menjaga kerukunan bersama,” kata dia.

Pemimpin gereja paroki Ibu Teresa Cikarang, Romo Antonius Suhardi Antara (Aan) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses perizinan gereja hingga saat ini telah memasuki proses pembangunan. “Terima kasih atas dukungan yang selama ini membantu sehingga proses perizinan berjalan lancar. Kami mohon doa supaya awal dari pemasangan tiang pancang berjalan baik, lancar, aman bagi para pekerjanya,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait