Tingkatkan Kualitas Lingkungan Hidup, Pemkab Bekasi Rutin Lakukan Aksi Bersih-Bersih Lingkungan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, melakukan kegiatan pembersihan sampah di Sungai Cikarang Hilir (Bendungan Srengseng Hilir) Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi, melakukan kegiatan pembersihan sampah di Sungai Cikarang Hilir (Bendungan Srengseng Hilir) Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Salah satunya dengan rutin menggelar aksi bersih-bersih lingkungan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan salah satu upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Bekasi adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Sejauh ini pihaknya terus menggenjot petugas persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi secara non-stop untuk mengakut sampah-sampah di Kabupaten Bekasi.

Bacaan Lainnya

BACA: TPS Liar Ditutup, Sampah Masih Menggunung

“Jadi petugas kita itu, Senin sampai Jumat mengangkut sampah dari rumah warga, dari pasar dan dari pabrik. Sedangkan Sabtu dan Minggu mereka mengangkut sampah dari sungai, terus begitu. Karena seminggu terlewat saja, sampah sudah penuh,” ungkapnya.

Namun demikin, upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari masyarakat dengan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Menyadarkan warga agar tidak membuang sampah sembarangan, memang tidak mudah, berbulan-bulan kita edukasi, kita kasih sanksi dan sebagainya juga agak sulit,” kata dia.

Oleh karena itu pihaknya telah mengintruksikan perangkat daerah terkait agar intens mensosialisasikan dan memberi edukasi terkait dampak yang ditimbulkan, serta mendorong adanya Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di tingkat desa/kelurahan dan tingkat kecamatan serta Bank Sampah di tingkat RW.

“Itu nanti digencarkan sehingga nantinya selain dapat mengurangi volume sampah di TPA karena sampah diolah dari sumbernya, kulitas lingkungan hidup di kita juga akan lebih baik,” kata dia.

Aksi yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi ini menjadi agenda rutin setiap minggunya dalam program Jum’at Bersih dengan melibatkan petugas UPTD Kebersihan, aparatur Kecamatan, Desa hingga masyarakat.

“Harapannya, kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama masyarakat guna mewujudkan Kabupaten Bekasi yang bersih,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Syafri Donny Sirait.

Selain di lokasi yang kerap dijadikan sebagai TPS liar, aksi bersih-bersih juga dilakukan di sejumlah aliran sungai sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan maupun banjir. Aksi ini dilakukan bersama Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi.

Donny mengatakan melihat banyaknya sampah yang berhasil diangkut dalam setiap aksi bersih-besih lingkungan, hal ini menjadi potret bagaimana masih minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan tindakan membuang sampah sembarang atau membuang sampah ke sungai.

“Kita juga terus mensosilisasikan kepada masyarakat agar semakin mengerti dan memahami dampak yang terjadi dari kebiasaan buruk membuang sampah membuang sampah tidak pada tempatnya. Semoga kedepannya lingkungan kita jadi lebih nyaman, bersih dan juga indah,” ujarnya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait