Tepati Janji, Korban Puting Beliung Terima Bantuan Perbaikan Rumah

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah warga terdampak puting beliung di Kantor Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan.
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah warga terdampak puting beliung di Kantor Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan.

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Sebanyak 11 Kepala Keluarga (KK) korban puting beliung di Tambun Selatan pada Februari 2023 lalu mendapat bantuan perbaikan rumah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, sesuai janji dari Pemerintah Kabupaten Bekasi pada Februari lalu, saat ditetapkan tanggap darurat bencana, selain banjir juga terjadi angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan rumah warga.

Bacaan Lainnya

BACA: Pemkab Bekasi Fokus Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dampak Bencana Hidrometeorologi

“Kalau banjir hanya rumah yang terendam saja, tapi kalau angin puting beliung seperti di Tambun Selatan ini mengakibatkan rumah warga rusak berat, hari ini kami salurkan bantuan sebagai realisasi bahwa pemerintah membantu perbaikan rumahnya,” kata Dani Ramdan, Jum’at (14/04).

Dani mengatakan, kategori rumah warga yang mendapat bantuan adalah yang rusak berat dan tidak bisa ditinggali lagi akibat kerusakannya.  “Kalau untuk rusak sedang sudah terlebih dahulu kita menyalurkan material berupa asbes, semen serta bantuan yang lainya,” kata dia.

Dani menyampaikan, bantuan pembangunan rumah yang diberikan adalah standar Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Mereka menerima rumah yang sudah direnovasi melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada di desa.

“Ya, dikarenakan tidak semua masyarakat paham tentang kontruksi, cara membeli material serta mendirikan bangunan, karena itu kita bangun melalui LPM dan BKM yang sudah terbiasa membantu Rutilahu agar bantuan ini terwujud menjadi rumah yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir menyampaikan, jumlah rumah warga terdampak puting beliung yang mendapat bantuan sebanyak 11 rumah di empat/kelurahan di tiga kecamatan, yang hari ini disalurkan oleh Pj Bupati Bekasi.

“Nominalnya masing-masing sebesar Rp 20 juta. Bantuan ini sifatnya stimulan, jadi dengan adanya bantuan pemerintah ini diharapkan masyarakat bersemangat ikut membantu serta saling gotong royong,” terangnya.

Selain bantuan untuk warga terdampak puting beliung, di lokasi yang sama, Pj Bupati Dani Ramdan menyerahkan bantuan sosial kepada 10 balita terindikasi stunting berupa paket Pemberian Makanan Tambahan. (Riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait