Sepekan, Banjir Masih Genangi Beberapa Titik di Kabupaten Bekasi

Banjir masih menggenangi beberapa titik di Kabupaten Bekasi pada Sabtu (04/03) kendati di sejumlah wilayah telah mulai surut.
Banjir masih menggenangi beberapa titik di Kabupaten Bekasi pada Sabtu (04/03) kendati di sejumlah wilayah telah mulai surut.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Banjir masih menggenangi beberapa titik di Kabupaten Bekasi pada Sabtu (04/03) kendati di sejumlah wilayah telah mulai surut.

Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, berdasarkan laporan Tim Komando Tanggap Darurat Bencana, titik genangan tersebar di 9 kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Menurut laporan kemarin (Jum’at 03 Maret 2023-red) titik genangan hanya di 5 kecamatan dari sebelumnya di 18 Kecamatan. Sekarang naik lagi menjadi 9 Kecamatan,” kata Dani Ramdan.

Banjir masih menggenangi titik tersebut dikarenakan kontur daerahnya yang merupakan dataran rendah sehingga terjadinya kenaikan air. Selain itu, sebagian wilayah terletak dipesisir laut.

“Nah ini kita hanya bisa menunggu begitu air laut surut maka akan dengan sendirinya banjirnya berkurang, dengan catatan hujannya juga berkurang. Atau, kalaupun hujan durasinya tidak terlalu panjang,” ujarnya.

Dani juga menuturkan, untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi diberbagai wilayah khususnya di Kabupaten Bekasi, perlu dilakukan berbagai cara pencegahan banjir agar dapat lebih ditekan di setiap tahunnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh pemangku kepentingan agar memperbaiki sistem drainase agar bebas dari benda atau sampah yang bisa menghalangi saluran air.

“Sistem drainase, irigasi yang banyak dan kurang terawat, dan yang ada pun malah dikurangi fungsinya dengan pendangkalan, penyempitan, bangunan liar dan sampah. Ini yang menjadi perhatian kita kedepannya agar semua jajaran untuk memperbaiki,” ucapnya.

Terakhir, ia juga menginstruksikan kepada Tim Komando Tanggap Darurat Bencana agar terus fokus dalam memperbarui data, memantau dan melaporkan mana saja kecamatan yang belum ditangani serta belum mendapatkan bantuan.

“Kita harus tetap bergerak dan terus berkoordinasi dengan instansi pusat terkait,” pungkasnya. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait