Ilustrasi Pemilihan Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022
Ilustrasi Pemilihan Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022

Robert Endi Jaweng: Gubernur Jabar Tak Perlu Respon Hasil Pemilihan Wakil Bupati Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diwanti-wanti agar tidak merespon hasil paripurna Pemilihan Wakil Bupati Bekasi. Sebab, mengacu kepada tahapan yang telah dilakukan, pelaksanaan pemilihan dinilai cacat prosedural.

“Pemilihan kemarin saya nilai cacat prosedural dan Gubernur Jawa Barat nggak perlu merespon itu,” kata Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng, Kamis (19/03).

BACA: Panlih Klaim Tahapan Pemilihan Wakil Bupati Bekasi Sesuai Prosedur

Sebab, sambungnya, sesuai regulasi yang ada baik Undang-undang No 10 Tahun 2016, Peraturan Pemerintah  No 12 Tahun 2018 dan Peraturan DPRD Kabupaten Bekasi Nomor 2 Tahun 2019 sudah jelas disebutkan bahwa partai pengusung Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi terpilih di Pilkada 2017 lalu lalu harus merekomendasikan dua nama calon yang sama.

Selain itu, surat rekomendasi tersebut juga harus dikeluarkan oleh pengurus pusat partai pengusung masing-masing untuk kemudian diserahkan ke DPRD melalui Bupati. “DPRD juga sebetulnya harus ikuti prosedur. Sebelum ada usulan surat, dia nggak maju. Kalau saya melihat Kabupaten ini nunggunya nggak sabaran. Padahal sebetulnya aturannya sederhana banget dan jadi nggak sederhana ketika nilai politisnya terlalu tinggi,” kata dia.

Baca Juga

Petugas Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi sedang bertugas untuk Test Cepat Covid-19, secara drive thru untuk Kategori B. Bertempat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jumat (27/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Atasi COVID-19, Pemkab Bekasi Pangkas Anggaran Rapat dan Perjalanan Dinas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal memangkas sejumlah kegiatan yang tidak berkaitan dengan …

Salah seorang pedagang Pasar Baru Cikarang saat memanfaatkan fasilitas wastafel sehat Baznas Kabupaten Bekasi, Jum'at (27/03).

Cegah Penularan COVID-19, Baznas Kabupaten Bekasi Sediakan ‘Wastafel Sehat’ di Pasar Baru Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi terus mengupayakan langkah pencegahan …