RKPD 2022, Pemkab Bekasi Fokus Percepatan Pemulihan Ekonomi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan pemulihan ekonomi menjadi prioritas pembangunan daerah hingga tahun depan. Bahkan, untuk percepatan, seluruh industri diminta gunakan produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Eka Supria Atmaja usai memimpin Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD Kabupaten Bekasi tahun 2022 2022 di Cikarang Utara, Kamis (18/03).

Eka mengatakan, pemulihan ekonomi dilakukan seturut dengan kebijakkan pemerintah pusat di tengah pandemi. Di Kabupaten Bekasi, langkah ini telah dilakukan. Namun, untuk optimalisasi, pemulihan akan dilanjutkan hingga 2022 mendatang.

“Fokus kami tentu saja sesuai dengan usulan yang disampaikan masyarakat, yakni perbaikan infrastruktur dan pemulihan ekonomi. Sektor ekonomi menjadi penting agar bagaimana masyarakat bisa kembali membaik dari sisi perekonomiannya. Dan kami akan melakukan percepatan dengan mewajibkan industri menggunakan produk-produk lokal,” ucap Eka.

Produk lokal yang dimaksud bisa berupa seragam para pegawai yang menggunakan pakaian yang dibuat UMKM lokal, atau bahan baku produksi di berbagai industri. “Maka dari itu, kami bantu pengembangan UMKM-nya, kami bantu juga dorong industri agar menggunakan produk itu,” ucap dia.

Selain pengembangan ekonomi, lanjut Eka, infrastruktur pun tetap menjadi sektor yang diprioritaskan. Hingga 2022 mendatang, Pemkab Bekasi bakal membangun sejumlah jalan yang menghubungkan antar desa. Diharapkan dengan terkoneksinya setiap desa dapat turut membantu pertumbuhan ekonomi dari skala terkecil.

“Jalan-jalan di desa yang menghubungkan satu desa dengan desa yang lain ini akan menjadi tujuan kami. Untuk memudahkan akses sekaligus mengakselerasi perekonomian. Tentu saja dengan perbaikan-perbaikan juga di sekolah,” kata dia. (***)