Para petani di Babelan saat memanen kangkung yang ditanam di atas lahan yang digarapnya, Kamis (14/02).
Para petani di Babelan saat memanen kangkung yang ditanam di atas lahan yang digarapnya, Kamis (14/02).

Raperda Perlindungan LP2B Kabupaten Bekasi Masih Stagnan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) masih stagnan dalam pembahasan. Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar.

BACA: Banyak Anggota Dewan Tak Hadir, Paripurna Pengesahan LP2B Ditunda

“Belum, belum selesai pembahasannya. Pansusnya belum menyampaikan (paparan hasil pembahasan Raperda LP2B-red) ke fraksi-fraksi,” ucapnya, Kamis (14/02).

Sunandar tidak mengetahui secara pasti penyebab molornya proses pembahasan. “Yang jelas nanti dilanjutkan kalau sudah selesai (pembahasannya-red),” kata dia.

Diketahui Raperda Perlindungan LP2B telah diajukan Pemerintah Kabupaten Bekasi sejak Juni 2018 silam. Meski pernah dikembalikan oleh legilsatif, Raperda tersebut sempat direvisi dan sudah diajukan kembali oleh eksekutif bahkan sempat diagendakan untuk diparipurnakan di akhir Desember 2018 lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdullah Karim berharap Raperda Perlindungan LP2B dapat segera disahkan. Hal ini bertujuan untuk mengamankan dan menyelamatkan lahan pertanian di Kabupaten Bekasi yang jumlahnya setuiap tahun mengalami penyusutan.

Dari hasil pembahasan dengan legislatif, terakhir luas lahan pertanian yang diamasukan dalam Raperda Perlindungan LP2B adalah 26 ribu hektare dengan cadangan seluas 7 hektare yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga

Ilustrasi

Warga Kabupaten Bekasi Terdampak COVID-19 Dapat Bantuan Pangan Senilai Rp203 Ribu

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal memberikan bantuan pangan senilai Rp203 ribu untuk …

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat menerima secara simbolis bantuan APD berupa surgical gown dari PT. Hogy Indonesia, Jum’at (03/04) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Bupati Harapkan Partisipasi Pelaku Usaha dalam Penanganan COVID-19 di Kabupaten Bekasi

CIKARANG PUSAT – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengharapkan adanya partisipasi dari para pelaku usaha …