Polresta Bekasi Siap Terjunkan 1.078 Personil Untuk Pengamanan Arus Mudik dan Balik

Sejumlah anggota kepolisian, TNI dan Dishub saat mengikuti apel Operasi Ramadan dan Hari Raya di Mapolresta Bekasi, Kamis (30/06).
Sejumlah anggota kepolisian, TNI dan Dishub saat mengikuti apel Operasi Ramadan dan Hari Raya di Mapolresta Bekasi, Kamis (30/06).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Menjelang perayaan hari besar dalam umat Islam yaitu perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Polresta Bekasi siap menerjunkan 1.078 personel untuk melakukan pengamanan musim mudik dan balik.

Kapolresta Bekasi, Kombespol M. Awal Cahairuddin menjelaskan sejumlah personil itu nantinya bakal disebar di 14 titik pos pengamanan, serta di sejumlah lokasi dengan tingkat kerawanan tinggi. Jumlah tersebut belum ditambah dengan personel dari beberapa satuan samping.

Bacaan Lainnya

“Secara fisik kami mempersiapkan sarana dan prasarana, SDM, dukungan anggaran serta bertindak yang tepat menanggapi musim mudik ini. Personel seluruhnya 1.078 personel dari 1.600 personel yang ada. Jadi sekitar 2/3 lebih yang dilibatkan. Kenapa demikian karena diprediksi akan meningkat. Dari tahun lalu 17-18 juta orang, menjadi sekarang 20 juta pemudik. Itu seluruhnya melintasi Bekasi. Orang mau ke Jawa Tengah atau Jawa Timur pasti melintasi Kabupaten Bekasi termasuk yang melewati jalur udara,” kata dia saat ditemui pada gelar pasukan Operasi Ramadan dan Hari Raya di Mapolresta Bekasi, Kamis (30/06).

Selain fokus pada kelancaran pemudik, kata Awal, kepolisian pun berkonsentrasi pada antisipasi kejahatan. Di antaranya di sejumlah titik keramaian, jalur mudik serta pemukiman yang ditinggalkan pemiliknya.

Sementara itu Komandan Distrik Militer 0509 Kabupaten Bekasi Zulhadrie mengatakan, 600 personel TNI siap diterjunkan untuk membantu kepolisian mengamankan musim mudik. Dikatakan dia, fungsi TNI sebagai personel pendukung. Personel itu pun disebar di sejumlah titik kerawanan juga di sepanjang jalur mudik.

Selain mempersiapkan anggota, kata Zulhadrie, pihaknya pun telah menyiapkan Koramil untuk dijadikan tempat peristirahatan para pemudik. “Jadi semacam rest area. Kami sarankan pemudik yang lelah untuk segera beristirahat. Karena mayoritas angka kecelakaan karena pemudik kelelahan,” kata dia. (DB)

Pos terkait