gladi-posko-pengaman-pilkada-kabupaten-bekasi
gladi-posko-pengaman-pilkada-kabupaten-bekasi

Polresta Bekasi Lakukan Gladi Posko dan Simulasi Pengamanan Pilkada

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Polresta Bekasi beserta Polsek jajarannya melaksanakan kegiatan Gladi Posko pengamanan Pilkada serentak tahun 2017 yang diberinama Operasi Mantap Praja Jaya, Sabtu, (24/09) pagi di kantor pemasaran Kawasan MM2100, Kecamatan Cikarang Barat.

Informasi yang BERITACIKARANG.COM dapatkan, kegiatan gladi resik itu diikuti sekitar 200 orang personil Polresta Bekasi berikut Kapolsek jajaran Polresta Bekasi dan dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. M. Iriawan, Kasat Brimob Polda Metro Jaya, Kombespol Gatot SH, SIK, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik serta Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi.

Kapolresta Bekasi Kombespol. M Awal Chairuddin SIK dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Gladi Posko sistem pengamanan Operasi Mantap Jaya 2017 ini telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi saat ini dan pelaksaan pengamanan di Pilkada sebelumnya.

“Jadi dalam kegiatan ini Polresta Bekasi juga sudah menyiapkan rule (aturan main) pengamanan Pilkada dari mulai proses pendaftaran, pencalonan, kampanye, masa tenang sampai dengan waktu pencoblosan calon Kepala Daerah dan penghitungan suara,” kata dia.

Selain itu, tambahnya, dalam kegiatan ini pihak kepolisian juga melakukan simulasi pengamanan dengan mengasumsikan adanya satu kelompok massa pendukung peserta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang membuat pengrusakan terhadap atribut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati lainnya sehingga melakukan aksi tawuran dan akan membuat suhu politik menjadi panas.

“Tentunya pihak kepolisian akan melibatkan unsur Muspida, Muspika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Toko Daerah setempat untuk meredam dan mengantisipasinya agar permasalahan ini tidak melebar serta berkepanjangan,” jelasnya.

Dengan adanya Gladi Posko pengamanan Operasi Mantap Praja Jaya 2017 ini, kata Awal, diharapkan personil Polresta Bekasi beserta Polsek jajarannya dapat memiliki acuan dalam mengambil tindakan yang baik dan benar sesuai SOP kepolisian serta sesuai dengan fungsi masing-masing dalam menangani dan menyelesaikan masalah yang biasa terjadi dalam proses tahapan Pilkada di wilayah hukum Polresta Bekasi.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. M. Iriawan dalam sambutanya mengapresiasi Kapolresta Bekasi dan jajarannya yang terlebih dahulu  melakukan latihan gladi posko dalam rangka operasi Mantab Praja Jaya di Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2017. Ia pun pun menghimbau agar anggota Polresta Bekasi dan jajarannya melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku, agar pengamanan berlangsung aman, tertib, lancar dan kondusif. (BC)

Baca Juga

Simulasi Sispamkota dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat mantap Brata Jaya 2018 Pengamanan Pemilihan Umum 2019 di Mapolrestro Bekasi, Rabu (07/11).

Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Bekasi Rusuh, 1117 Personil Bentrok

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Polisi anti huru-hara dari Satuan Sabhara Polres Metro Bekasi bentrok dengan …

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin.

Ini Langkah KPU Kabupaten Bekasi Lindungi Hak Pilih Warga di Pemilu 2019

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi membuka Posko Layanan Pemilih. Posko …