Pemkab Bekasi Tindaklanjuti Rekomendasi PSSI

Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong
Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) bakal menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan PSSI. Hal itu terkait dengan perbaikan dan penambahan fasilitas Stadion Wibawamukti agar sesuai standar FIFA.

“Ketua Umum PSSI sudah meninjau ke lapangan dan intinya Stadion Wibawamukti sudah memenuhi syarat (untuk menjadi venue Piala Dunia U-20). Cuma memang harus ada yang dilengkapi lagi seperti kamar mandi, jazucci (tempat berendam) yang menjadi keharusan dari FIFA. Jadi memang perlu perbaikan dan penambahan fasilitas lagi,” kata Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, Kamis (05/03).

Bacaan Lainnya

Selain itu, dibutuhkan juga empat lapangan pendukung yang bisa digunakan bagi para pemain untuk berlatih. “Lapangan tersebut saat ini baru ada dua yang sudah kita persiapkan sehingga perlu tambahan sekitar dua lapangan lagi. Lokasi lapangan tersebut tidak jauh serta harus mudah dijangkau baik dari hotel maupun lapangan utama,” tuturnya.

Rahmat Atong menambahkan sebagai solusi Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal menyediakan lahan untuk dibangun menjadi dua lapangan pendukung yang dibutuhkan. Kedua lahan itu berada di Kawasan Industri Deltamas dan Lippo Cikarang. “Mudah-mudahan lahan itu bisa digunakan. Nantinya yang bangun lapangan penunjangnya dari pusat dan kita hanya menyiapkan lahannya saja,” kata dia.

Dengan demikian, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menyatakan kesiapannya apabila Stadion Wibawamukti ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-20. “Kami sangat siap sekali, termasuk permintaan perbaikan dan penambahan fasilitas karena kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk itu,” tandasnya.

Diketahui Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 yang disampaikan Presiden FIFA, Gianni Infrantino pada FIFA Council Meeting di Shanghai, Cina pada Jum’at 24 Oktober 2019 lalu. Indonesia menyisihkan Brazil dan Peru.

PSSI telah menyerahkan daftar stadion kepada FIFA untuk menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-20. Salah satunya, Stadion Wibawa Mukti yang juga pernah digunakan sebagai venue Asian Games dan beberapa laga persahabatan internasional yang merupakan agenda resmi FIFA. (BC)

Pos terkait