Ilustrasi | Posko Kesehatan
Ilustrasi | Posko Kesehatan

Pemkab Bekasi Siagakan 11 Posko Kesehatan Gratis di Jalur Mudik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali menyiapkan belasan pos pelayanan kesehatan gartis saat arus mudik dan balik Idul Fitri tahun 2019. Belasan pos pelayanan kesehatan gratis itu akan ditempatkan di tiga lintasan, yakni jalur Pantura, tol Jakarta – Cikampek dan Jl. Inspeksi Kalimalang.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr.Alamsyah mengatakan pendirian posko pelayanan kesehatan gratis saat arus mudik dan balik adalah kegiatan rutin di setiap tahun yang disiagakan Pemkab Bekasi untuk memberi pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang hendak pergi ataupun pulang dari kampung halamannya.

“Arus mudik dan balik tahun 2019 ini kita buka posko pelayaanan kesehatan di 11 titik di tiga lintasan yang dilalui pemudik,” kata dr. Alamsyah, Kamis (23/05).

Pos pelayanan kesehatan gratis yang akan didirikan tidak berbeda dengan tahun lalu. Hanya saja di tahun ini jumlahnya dikurangi satu titik yaitu di Gerbang Tol Cikarang  Utama yang saat ini ditiadakan.

“Untuk titik sama seperti tahun yang lalu posnya. Cuma memang tahun lalu ada 12 sekarang ada 11 karena tidak  ada di Gerbang Tol Cikarang Utama,” ungkapnya.

Adapun ke 11 pos pelayanan kesehatan gratis itu akan dibukan diantaranya di samping Bussines Park Tambun Selatan, Pasar Tambun, Pos Damkar Cibitung, Pos Pengamanan (Pospam) Kalijaya Cikarang Barat, simpang SGC, stasiun Lemah Abang, PT. Indo Beras Unggul dan di perbatasan antara Kabupaten Bekasi dengan Karawang tepatnya di wilayah Kecamatan Kedungwaringin.

“Kemudian untuk di dalam tol nya berada di rest area KM 19 Tambun Selatan dan di rest area KM 39 Cikarang Pusat,” jelasnya.

Menurut dia, untuk melayani para pemudik di tahun 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi akan menyiagakan sedikitnya 170 personel yang  terdiri dari mulai dokter, perawat dan supir ambulans hingga relawan kesehatan lainnya yang bertugas selama 24 jam. Mereka nantinya akan bertugas secara bergantian setiap harinya.

“Posko mulai disiagakan mulai dari H-7 hingga H+7.yaitu mulai tanggal 29 Mei sampai 12 Juni 2019,” ungkapnya.

Pemudik yang datang ke pos pelayanan kesehatan gratis akan diberikan pelayanan berupa pengecekan kondisi tubuh, pengecekan tensi darah, penanganan evakuasi dan jika terjadi darurat pemudik bisa dirujuk ke rumah sakit.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan, di dalam posko juga kami sediakan fasilitas lainya seperti bet untuk beristirahat,oksigen dan banyak lagi,” kata dia, (BC)

Baca Juga

Uji emisi kendaraan gratis di depan Gedung Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Selasa (13/08). | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Lakukan Uji Emisi Kendaraan Gratis

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan uji emisi …

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat melepas peserta gerak jalan dalam rangka HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi, Rabu (13/08) pagi.

Meriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi, Pemkab Gelar Lomba Gerak Jalan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI Ke 74 dan Hari Jadi …