daeng muhammad blk lapas
daeng muhammad blk lapas

Pemkab Bekasi Harus Bantu Program Pembinaan Bagi Penghuni Lapas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota Komisi III DPR RI dari Dapil VII Jawa Barat, Daeng Muhammad melakukan reses dengan menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Bekasi yang berada di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (13/03).

Pria asal Kecamatan Pebayuran itu memastikan bahwa kedatangannya adalah untuk memperoleh masukan atau usulan tentang penanganan persoalan, khususnya yang dialami warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Bekasi.

“Dalam rapat kerja, saya sering mengatakan kepada kementrian bahwa warga binaan yang ada di Lapas itu bukan hanya tanggung jawab Dirjen Lapas ataupun Kepala Lapas, melainkan juga tanggung jawab Pemerintah Daerah,” kata Kang Daeng, panggilan akrab Daeng Muhammad.

Kaitan dengan Lapas Kelas III Bekasi, lanjutnya, maka Pemda Kabupaten Bekasi tentu harus turut berperan membantu penanganan persoalan bagi warga binaan di lapas tersebut. “Apalagi didalamnya banyak warga asli Kabupaten Bekasi, ber-KTP Bekasi sehingga ini dibutuhkan juga tanggungjawab dari pemerintah daerah,” ujarya.

Ia meminta agar pihak Lapas Kelas III Bekasi segera berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi agar bisa menyerap  program bagi warga binaannya. “Tujuannya tidak lain adalah agar lembaga pembinaan mampu berjalan secara optimal dan ketika warga binaan keluar dari Lapas mereka sudah siap menjadi warga masyarakat,” ucapnya.

Kaitan dengan konsep industri modern dengan memanaaftkan BLK (Balai Latihan Kerja) yang berada di dalam Lapas, Daeng mengapresiasi hal tersebut. “Tetapi ini tidak boleh one man show, tidak boleh Kepala Lapas sendirian, harus ada kepedulian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, sense of sosial untuk mendorong dan menguatkan pembinaan ini,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas III Bekasi, Kadek Anton Budiharta mengatakan bahwa dari 1200 warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Bekasi, 80% diantaranya merupakan warga asli Kabupaten Bekasi. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Bekasi dalam kegiatan-kegiatan pembinaan.  “Selama ini komunikasi sudah berjalan dengan baik hanya saja aplikasi dan implementasinya belum,” singkatnya.

Seperti diketahui, Komisi III DPR RI membidangi persoalan hukum, HAM dan Keamanan. Selain mengunjungi Lapas Kelas III Bekasi, Daeng Muhammad juga meyambangi Polres Metro Bekasi dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi. (BC)

Baca Juga

Lapas Cikarang Buka Kunjungan Khusus Idul Fitri Hingga Tiga Hari

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cikarang yang berada di Jl. Cilampayan, …

Remisi khusus hari raya Idul Fitri 1438 H diberikan oleh Kepala Lapas Kelas III Cikarang, Kadek Anton Budiharta (kanan) kepada warga binaan, Minggu (25/06) pagi.

531 Napi di Lapas Kelas III Cikarang Terima Remisi Lebaran, 6 Orang Bebas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 531 orang warga binaan (narapidana) di Lembaga Permasyarakatan Kelas III …