Pemkab Bekasi Gelar Pasar Murah di 8 Kecamatan, Ini Jadwalnya…

Ilustrasi sembako
Ilustrasi sembako

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Menyikapi kenaikan harga sejumlah komoditas pangan selama Ramadhan, Pemkab Bekasi melalui Dinas Perdagangan akan menggelar Operasi Pasar Murah di 8 kecamatan.

Kepala Bidang Perdagangan di Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Mulyadi mengatakan 8 kecamatan yang akan digelar operasi pasar murah yakni Tambun Utara, Tambelang, Setu, Babelan, Cikarang Pusat, Cikarang Utara, Cibarusah dan Bojongmangu.

Bacaan Lainnya

“Dari delapan kecamatan itu akan dibagi menjadi dua sesi, satu sesi masing-masing empat kecamatan,” kata Mulyadi, Kamis (09/05).

Operasi pasar murah sesi pertama akan digelar pada tanggal 13 Mei 2019 di Kecamatan Tambun Utara, Babelan, Setu dan Tambelang.

Sementara sesi kedua akan dilaksakanan pada tanggal 22 Mei 2019 di Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Pusat, Cibarusah dan Bojongmangu.

“Kegiatan ini adalah hasil kerja sama anatara Pemkab Bekasi dan Pemprov Jawa Barat,” ungkapnya.

Mulyadi mengatakan di operasi pasar murah itu pemerintah akan menyiapkan 10 ribu bungkus komoditi sembako. Isi setiap bungkusnya terdiri dari 5 kg beras, 1 kg telur, 3 kg gula putih dan minyak goreng ukuran 3 liter.

“Harga normalnya dalam satu bungkus dengan empat komoditi itu Rp 164 ribu. Dengan adanya operasi pasar murah ini, masyarakat cukup menebusnya seharga Rp.74.500 sehingga masyarakat mendapat subsidi Rp 90 ribu,” kata dia.

Untuk mengantisipasi adanya oknum yang ingin memperoleh sembako murah untuk dijual kembali, dalam pendistribusiannya pemerintah akan menerapkan sistem by name by adress dengan melibatkan semua pihak mulai dari tingkat RT/RW, Kepala Desa dan Camat.

“Satu kepala keluarga (KK) nantinya akan mendapatkan satu kupon. Supaya tidak dimanfaatkan oknum, makanya dalam pendistribusian kupon sembako murah kita libatkan juga peran dari Camat, Kepala Desa hingga RT dan RW,” tutupnya. (BC)

Pos terkait