Mengenal Lupus dan Lusia, Lutung Jawa yang Jadi Maskot Pilkada Kabupaten Bekasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah meluncurkan Lutung Jawa 'Lupus dan Lusia' sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi 2024.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah meluncurkan Lutung Jawa 'Lupus dan Lusia' sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi 2024.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah meluncurkan Lupus dan Lusia sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi. Peluncuran Lupus dan Lusia dilakukan berbarengan dengan peluncuran tahapan Pilkada Serentak 2024 di Central Park Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Minggu (02/06) kemarin.

BACA: Perkenalkan Lupus dan Lusia, KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Kabupaten Bekasi 2024

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido mengatakan Lupus dan Lusia merupakan akronim dari Lutung Pilkada Kabupaten Bekasi – Lutung Sarana Integrasi Bangsa. Maskot berbentuk hewan Lutung Jawa yang terinspirasi dari fauna endemik Kabupaten Bekasi ini bertujuan untuk memperkuat gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2024.

“Lupus dan Lusia itu adalah dua karakter Lutung Jawa berpasangan lelaki dan perempuan yang bertujuan untuk merepresentasikan gelaran pemilihan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2024, sekaligus mensosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian habitat hewan primata yang dapat dijumpai di wilayah kecamatan Muaragembong. Salah satu wujud nyata yang kami lakukan, yakni dengan menjadikan Lutung Jawa sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi,” kata Ali Rido.

Tak hanya itu, Lupus dan Lusia juga turut memperkenalkan pakaian adat khas Kabupaten Bekasi. Lupus menggunakan sadariah dengan bawahan celana Batik Bekasi. Sedangkan  Lusia mengenakan kebayan encim dengan bawahan Batik Bekasi dan jepit rambut motif bunga teratai. “Ini dimaksudkan untuk merefleksikan identitas diri, jati diri dan symbol kebanggan masyarakat Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Adapun Lutung Jawa sendiri, sambungnya, adalah hewan yang hidup berkelompok dan setiap kelompok terdiri atas satu pemimpin yang merupakan Lutung jantan yang memiliki prilaku mendominasi pada kelompoknya. Sikap dominasi tersebut meliputi upaya perlindungan, pergerakan sehari-hari dan juga pengamatan.

“Hal ini merepresentasikan akan adanya satu pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang akan memimpin Kabupaten Bekasi, yang berkomitmen membangun daerah Kabupaten Bekasi secara mandiri dan otonom, juga melindungi dan mengayomi seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Dengan terpilihnya dua karakter ini sebagai maskot Pilkada Kabupaten Bekasi, dirinya berharap pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi mendatang juga bisa dilaksanakan dengan riang gembira dan suka cita guna terwujudnya demokrasi yang baik. “Hal ini dapat dipresentasikan pada maskot Lupus dan Lusia dengan mulut yang tersenyum dan mata berbinar,” kata dia. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait