Mahasiswa Pelita Bangsa Motori Aksi Bersih-bersih Sungai Kalimalang

Sejumlah mahasiswa Pelita Bangsa saat membersihkan beberapa sampah dan eceng gondok yang hanyut setelah diurai petugas BPBD Kabupaten Bekasi menggunakan perahu karet, Sabtu (23/02).
Sejumlah mahasiswa Pelita Bangsa saat membersihkan beberapa sampah dan eceng gondok yang hanyut setelah diurai petugas BPBD Kabupaten Bekasi menggunakan perahu karet, Sabtu (23/02).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT -Ratusan orang berjibaku membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimalang. Aksi tersebut dilakukan Mahasiswa Pecinta Alam Pelita Bangsa (Mapalapetang) bersama BPBD Kabupaten Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, TNI/Polri serta warga setempat.

Ketua Pelaksana Aksi Bersih DAS Kalimalang, Febri Tri Putri menuturkan aksi ini dilakukan karena saat ini DAS Kalimalang banyak ditemukan sampah dan eceng gondok.

Bacaan Lainnya

“Salah satu kegiatan Mapalapetang adalah peduli lingkungan, makanya kita gelar aksi ini. Apalagi sungai juga masih diperlukan masyrakat untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci dan lainnya,” kata Mahasiswi Teknik Lingkungan STT Pelita Bangsa ini, Sabtu (23/02).

Menurut Febri, aksi bersih-bersih DAS Kalimalang ini sangat bermanfaat dan bisa menjadi sarana edukasi bagi semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Selain membersihkan sampah dan eceng gondok di DAS Kalimalang, dalam aksi ini kita juga melakukan penanaman 1000 pohon di bantaran sungai. Pohon yang kita tanam adalah pepohonan produktif seperti jambu, mangga, rambutan dan lain-lain,” kata wanita berhijab yang akrab disapa Bungsu ini.

Pantauan di lokasi, tanpa sungkan beberapa orang mahasiswa menceburkan diri ke Sungai Kalimalang. Tak hanya bercebur, para mahasiswa inipun terlihat membersihkan beberapa sampah dan eceng gondok yang hanyut setelah diurai petugas BPBD Kabupaten Bekasi menggunakan perahu karet.

Dengan cekatan, mereka membersihkan sampah dan eceng gondok tersebut dengan membuangnya ke pinggir. Meski bisa berenang, para mahasiswa ini tetap menjaga keselamatan dengan mengenakan pelampung ataupun body harmess, lengkap dengan webbing dan carabinners.

Kepala Seksi Pencegahan di BPBD Kabupaten Bekasi, Agus Suparno mengatakan aksi bersih-bersih di DAS merupakan bagian dari upaya mengurangi resiko bencana.

“Kita bersihkan bersama-sama dan mudah-mudahan kita bisa mengurangi resiko bencana. Mudah-mudahan tidak ada bencana. Namun kita bisa meminimalisir bencana, salah satunya dengan melakukan aksi bersih-bersih seperti ini,” ujarnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa yang telah menginisiasi serta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam aksi ini dan membantu untuk menjaga, merawat alam, membersihkan juga mengurangi resiko bencana di Kabupaten Bekasi.

Turut serta dalam acara ini Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, Kepala Kepolisian Sektor Cikarang Pusat AKP Somantri dan seluruh peserta aksi bersih-bersih DAS Kalimalang. (BC)

Pos terkait