Desa Wanajaya Bersih-bersih Timbunan Sampah di Saluran Irigasi

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Saluran irigasi tampaknya masih menjadi tempat favorit membuang sampah bagi sebagian warga. Salah satunya terjadi di saluran irigasi di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung. Timbunan sampah yang memenuhi saluran irigasi kerap dikeluhkan warga.

Kondisi ini membuat ratusan warga dipimpin Kepala Desa Wanajaya, Nurdin Kholid dibantu unsur Muspika setempat melakukan aksi bersih-bersih.

“Ini dilakukan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Dalam kegiatan ini kita juga mendapatkan dukungan dari unsur Muspika Cibitung dan Alhamdulilah Bapak Kapolsek, Bapak Camat dan Bapak Danramil juga turut hadir,” kata Nurdin Kholid, Minggu (24/02).

Dengan menggunakan peralatan seadanya sepeti cangkul, parang, golok dan alat pembersih lainnya, warga langsung terjun untuk membersihan tumpukan sampah yang menyumbat saluran irigasi tersebut.

“Kita menurunkan hampir delapan ratus warga yang terdiri dari RW 15 dan RW 16 untuk membersihkan irigasi yang bermuara ke Kali CBL ini dari sampah yang menyumbat,” tuturnya.

Sementara Camat Cibitung, Hasan Basri mengapresiasi apa yang di lakukan warga Desa Wanajaya.

”Patut di contoh seluruh desa yang ada di wilayah Kecamatan Cibitung, karena selain untuk memperlancar aliran air ke sungai, keberadaan sampah di kali berdampak buruk khususnya bagi kesehatan warga yang tinggal berdekatan dengan kali tersebut,” tuturnya.

Dia menambahkan, aksi sosial yang di lakukan masyarakat Desa Wanajaya juga dilakukan untuk mengurangi darurat sampah yang memang saat ini melanda Kabupaten Bekasi.

Sementara itu Kapolsek Cikarang Barat, Kompol Hendrik Situmorang berharap momentum HPSN Tahun 2019 ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk dapat hidup disiplin termasuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. (BC)

Baca Juga

Jl. CBL yang amblas di di RT 02/02 Kampung Telar, Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung.

Jl. Raya CBL – Cibitung Dikepung Jalan Amblas!

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Warga yang melintas jalan Raya Cikarang Bekasi Laut (CBL) harus berhati-hati. Pasalnya, …

Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara saat gelar perkara kasus pembacokan di cafe pulonyamuk yang menewaskan EM (30) di lobby Polres Metro Bekasi , Senin (29/04).

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pembacokan di Cafe Pulonyamuk

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Kepolisian Resor Metro Bekasi berhasil membekuk dua orang terduga pelaku pembacokan …