Kontainer Disulap Jadi Taman Baca di Pesisir Kabupaten Bekasi

Taman Baca Samudera di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong.
Taman Baca Samudera di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong.

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Perpustakaan dan Taman Baca mulai tumbuh di beberapa daerah. Di Kabupaten Bekasi ada salah satu Taman Baca yang dibangun di daerah pesisir, namanya Taman Baca Samudera.

Sesuai namanya, Taman Baca yang berada tepat di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong ini bertema tentang laut dan dibangun menggunakan 3 unit kontainer dengan ukuran berbeda. Kontainer-kontainer bekas ini disusun sedemikian rupa dengan beberapa modifikasi  seperti penambahan jendela dan pintu, interior bagian dalam dan lain sebagainya sehiangga menjadi Taman Baca yang nyaman.

Bacaan Lainnya

PIC Taman Baca Samudera, Muhammad Haykal mengatakan Taman Baca ini merupakan bagian dari program CSR PT. Samudera Indonesia selaku perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran dan logistic terpadu. Sejak diresmikan pada tanggal 05 Januari 2020 lalu, antusiasme anak-anak untuk berkunjung ke taman bacaan ini terbilang cukup bagus.

“Setiap kita buka, ada saja yang datang untuk membaca,” kata dia, Kamis (16/01).

Haykal menambahkan saat ini Taman Baca Samudera memiliki 700 judul buku yang terdiri dari 60 persen judul buku untuk anak dan 40 persen untuk umum.

“Selain itu, disini kami juga memiliki program fun learning. Kegiatannya macam-macam, bisa dalam bentuk dongeng, origami ataupun menggambar dan mewarnai,” ungkapnya.

Camat Muaragembong, Lukman Hakim beraharap masyakat bisa memanfaatkan kebedaan Taman Baca Samudera. Dengan adanya taman bacaan, pengtahuan masyarakat khususnya anak-anak akan semakin meluas sehingga kelak bisa berdampak positif pada kehidupan masing-masing.

“Masyarakat yang menunggu pelayanan di kantor kecamatan juga dapat memanfaatkan buku-buku yang disediakan pihak perusahan sehingga diharapkan bisa memperkaya wawasan dan keilmuan masyarakat,” kata dia.  (BC)

Pos terkait