Kades Jayasampurna Ajak Warga Ikuti Lomba Kampung Bersih

Kepala Desa Jayasampurna, Mukhsin
Kepala Desa Jayasampurna, Mukhsin

BERITACIKARANG.COM, SERANG BARU – Menjaga lingkungan bersih tak hanya tanggung jawab pemerintah, butuh peran serta masyarakat yang paling penting. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru mengajak seluruh RT/RW di wilayahnya untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat di acara Lomba Kampung Bersih ‘Makin Berani Maju dan Beprestasi’.

BACA: Lomba Kampung Bersih Siap Pecahkan Rekor MURI

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Jayasampurna, Mukhsin menjelaskan di wilayahnya terdapat 62 RT dan 19 RW yang teresebar di 4 dusun. Dirinya pun berharap seluruh RT/RW di wilayahnya dapat menggerakan seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan yang mulai digelar secara serentak pada tanggal 26 – 27 Juli 2024.

“Tentunya menghimbau agar seluruh RT/RW dapat mengajak warga di wilayahnya masing-masing untuk bersama-bersama, turut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing melalui Lomba Kampung Bersih ini,” kata dia.

Menurutnya, lomba ini sekaligus menjadi upaya edukasi Pemerintah Desa Jayasampurna untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong dalam menciptakan lingkungan yang bersih, aman dan peduli akan kesehatan lingkungan.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, selain membuat lingkungan di Desa Jayasampurna lebih bersih dan indah, masyarakatnya juga semakin bahagia dan sejahtera. Karena lingkungan yang bersih dan sehat menjadi faktor penting menciptakan masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga berharap ada perwakilan RT/RW di desa Jayasampurna yang lolos hingga ke tingkat kecamatan dan juara di tingkat kabupaten. “Semoga ada perwakilan dari kita yang membuat Desa Jayasampurna lebih bagus lagi. Dan untuk mewujudkan itu tentu butuh kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat. Ini yang terus kita bangun,” kata dia.

Mukhsin menambahkan, Selain Lomba Kampung Bersih ‘Makin Berani Maju dan Berprestasi’, Pemerintah Desa Jayasampurna juga berencana untuk menggelar sejumlah kegiatan lain pada momentum HUT RI ke-79 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74,  diantaranya tournament sepakbola, lomba tumpeng hingga pawai dongdang.

BACA: Ketua RT/RW di Serang Baru Sambut Baik Lomba Kampung Bersih

Lomba Kampung Bersih Perebutkan Hadiah Rp500 Juta

Diketahui, dalam rangka menyemarakan HUT RI ke-79 dan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar lomba Kampung Bersih ‘Makin Berani Maju dan Berprestasi’ dengan total hadiah Rp500 juta.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Sukmawati Karnahadijat berbagi tips untuk para RT/RW agar bisa menang dan menjadi juara pada Lomba Kampung Bersih Makin Berani Maju dan Berprestasi.

Sukmawati mengatakan, ada tiga kriteria penilaian pada Lomba Kampung Bersih 2024 yang harus diperhatikan oleh para peserta, khususnya para Ketua RT dan RW.

“Yang pertama, intensitas dan jumlah warga yang ikut gotong-royong dalam masa penilaian. Seberapa sering warga melakukan gotong royong dan berapa banyak warga yang ikut terlibat, itu menjadi poin penilaian,” kata Sukmawati.

Kriteria penilaian kedua, kata Sukmawati, adalah ketersediaan sarana dan prasarana pengolahan sampah di tingkat RT/RW.

“Misalnya di setiap rumah sudah ada tong sampah, atau di lingkungan tersebut sudah ada bank sampah yang melakukan proses pemilahan,” ujarnya.

Dan terakhir, kriteria penilaian ketiga yakni intensitas publikasi. Bagaimana kegiatan lomba kampung bersih tersebut dipublikasikan agar semakin banyak masyarakat yang tahu.

“Publikasikan kegiatan gotong royong di lingkungan kita melalui media sosial seperti Instagram, whatsapp, pemasangan spanduk atau pamflet, agar semakin banyak masyarakat yang tahu,” ungkapnya.

Sukmawati menambahkan, Kick Off gotong-royong bersama-sama untuk tingkat RT/RW akan dilaksanakan serentak se-Kabuaten Bekasi pada tanggal 26 dan 27 Juli 2024.

“Untuk lomba tingkat desa akan dilaksanakan pada 29-30 Juli 2024. Kemudian lomba tingkat kecamatan pada 31 Juli-2 Agustus 2024 dan lomba tingkat kabupaten dari tanggal 2 Agustus sampai 12 Agustus 2024 dan pengumuman pemenang tanggal 16 Agustus 2024,” tandasnya. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait