Aksi demonstrasi yangdilakukan buruh PT. Starlink Indonesia (SLI) beberapa waktu lalu, terkait dengan keterlambatan pembayaran gaji oleh perusahaan.
Aksi demonstrasi yangdilakukan buruh PT. Starlink Indonesia (SLI) beberapa waktu lalu, terkait dengan keterlambatan pembayaran gaji oleh perusahaan.

Kabupaten Bekasi Darurat Pengadilan Hubungan Industrial

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –Wilayah Kabupaten Bekasi terdiri dari beberapa kawasan industri yang menampung lebih  dari 4.000 perusahaan. Ironisnya, banyaknya perusahaan yang berdiri di Kabupaten Bekasi ini tidak diimbangi dengan adanya Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).   Selama ini, kasus-kasus ketenagakerjaan yang melibatkan buruh dan industri disidangkan di PHI Kota Bandung.

“Memang sangat disayangkan, Kabupaten Bekasi yang disebut-sebut kota dengan industri terbesar di Indonesia ini tak mempunyai PHI,” kata Obon Tabroni, Vice President Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Rabu (11/05).

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya PHI di Kota Bandung berdampak terhadap efesiensi waktu dan tenaga para buruh jika mereka ingin mencari keadilan serta terlilit kasus ketenagakerjaan.

“Kalau harus ke Bandung bolak-balik itu kan boros waktu dan tenaga. soalnya Dalam satu kasus itu minimal 15 kali bolak-baliknya,” ujarnya.

Menurut Obon, dalam sebulan biasanya terjadi 25 kasus yang melibatkan buruh dengan industri di Kabupaten Bekasi.

“Memang, saat ini Kabupaten Bekasi butuh PHI bagi buruh. Kita sudah lebih dari 5 tahun minta ke Pemkab agar di Kabupaten Bekasi didirikan PHI. Kasusnya antara lain PHK, upah, karyawan kontrak dan lain sebagainya,” kata Obon.

Dia menambahkan, alasan pihak Pemkab Bekasi hingga kini tak kunjung mendirikan PHI macam-macam. Padahal kebutuhan PHI saat ini sudah mendesak. “alasannya macam-macam bang, katanya nggak ada lokasinya untuk tempat PHI didirikan. Padahal Kabupaten Bekasi ini banyak lahan fasilitas sosial dan fasilitas umumnya,” tandasnya. (DB)

Baca Juga

Beberapa orang pegawai saat mencari barang berharga yang masih bisa diselamatkan di sekitar area bengkel yang hangus terbakar, Kamis (04/03).

Bengkel Motor Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA  – Kebakaran terjadi di sebuah bengkel motor di Perumahan Bumi Sentosa Sari, …

Audiensi perwakilan pedagang yang tergabung dalam dalam Forum Komunikasi Pedagang Pasar Induk Cibitung (FK-PPIC) dengan pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Rabu (03/03).

Merasa Diintimidasi, Pedagang Pasar Induk Cibitung Ngadu Ke DPRD Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Merasa diintimidasi, puluhan pedagang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pedagang Pasar …