Salah seorang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang saat melakukan penanaman bibit pohon di bantaran irigasi Jl. Raya Cilampayan, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Jum'at (22/03) pagi.
Salah seorang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang saat melakukan penanaman bibit pohon di bantaran irigasi Jl. Raya Cilampayan, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Jum'at (22/03) pagi.

Hijaukan Lingkungan, Warga Binaan di Lapas Cikarang Tanam 5500 Bibit Pohon

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 5500 bibit pohon ditanam warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Cikarang, Jum’at (22/03) pagi. Bibit pohon tersebut ditanam warga binaan sebagai upaya penghijauan sekaligu menyemarakan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55 Tahun 2019.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta mengatakan 5500 bibit pohon yang ditanam merupakan bantuan dari Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) dan Serdadu Komunitas Cibeet (Sekoci).

“Bibit pohon penghijauan yang kita tanam merupakan bibit pohon produktif seperti mahoni, durian, jambu, mangga dan lain sebagainya. Bibit pohon ini akan kita tanam secara bertahap di bantaran irigasi yang berada di sepanjang Jl. Raya Cilampayan agar lebih hijau dan lebih rindang,” kata Kadek Anton Budiharta.

Bibit pohon yang sudah ditanam, selanjutnya akan dirawat oleh petugas dan warga binaan agar dapat tumbuh. “Nanti akan ada tim khusus yang kami buat yang terdiri dari petugas dan warga binaan yang akan merawat tanaman-tanaman ini. Tentunya, kita juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaganya,” kata dia.

Kadek menambahkan, kegiatan penghijauan ini merupakan bentuk sumbangsih dan partisipasi yang diberikan warga binaan kepada masyarakat. “Melalui kegiatan penghijauan ini diharapkan warga binaan juga dapat berinteraksi dengan masyarakat sebagai proses integrasi atau persiapan sebelum mereka bebas nanti. Sehingga ketika bebas, mereka juga siap bergabung kembali dengan masyarakat,” ungkapnya

Sementara itu Kepala Seksi Pengelolaan Pertamanan di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, Agus Dwi mengatakan pihaknya mendukung upaya penghijauan yang dilakukan warga binaan di Lapas Cikarang.

“Kami mewakli Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan tentunya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan warga binaan di Lapas Cikarang dalam menanam 5500 pohon untuk penghijauan,” ungkapnya.

Upaya serupa, kata Agus Dwi juga akan terus dilakukan Pemkab Bekasi. Bahkan, di tahun 2019 ini Pemkab Bekasi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1,9 milyar untuk program penghijauan yang tersebar di 10 wilayah di Kabupaten Bekasi.

“Lokasi penghijauannya di ada 10 wilayah, diantaranya di wilayah Serang Baru, Cibitung, Tambun Selatan, Cikarang Barat, Kedungwaringin, Cikarang Utara, Sukawangi, Tambelang , Cikarang Pusat dan Sukakarya,” kata dia.

Menurutnya, penghijauan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ekologi diantaranya meningkatkan kualitas air tanah, mencegah banjir, mengurangi polusi udara, sekaligus meredam /mengurangi gangguan suara atau angin dan pengatur iklim mikro.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kepolisian Sektor Cikarang Pusat, AKP. Soemantri, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Wahyudi Amsar, aparatur Kecamatan Cikarang Pusat dan aparatur Desa Pasir Tanjung serta perwakilan dari KPLHI dan Sekoci. (BC)

Baca Juga

Salah seorang warga binaan di Lapas Cikarang saat melihat papan pengumuman berisi daftar peserta Pemilu serentak 2019, Kamis (17/04).

Selisih 655 Suara, Prabowo – Sandi Menang di 6 TPS Lapas Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo – …

Salah seorang Warga Binaan atau narapidana di Lapas Cikarang saat memasukan surat suara ke kotak suara Pemilu 2019, Rabu (17/04).

1.374 Napi Nyoblos di Lapas Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 1.374 dari 1.766 orang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) …