sungai cilemahabang
sungai cilemahabang

Hasil Uji Lab, Air Sungai Cilemahabang Positif Tercemar Limbah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Perum Jasa Tirta (PJT) II Lemahabang telah mengirimkan laporan hasil uji laboratorium terhadap sampel air Cilemahabang yang tercemar limbah ke Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi.

BACA : Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Air Sungai Cilemahabang Hitam dan Bau Menyengat

“Hasil uji lab positif tercemar, Bang,” kata Suwanda Halim, Supervisor Sungai dan Irigasi Cikarang, Senin (02/01).

Ia menjelaskan bahwa hasil penelusurannya, tercemarnya sungai Cilemahabang merupakan imbas adanya pembuangan limbah cair dari sejumlah Kawasan Industri yang berada di daerah hulu dan sudah berlangsung sejak lama.

“Jadi dari pantauan kita pencemaran limbah itu datang dari luar daerah sehingga kita hanya kena imbasnya,” tuturnya.

PJT II Lemahabang, lanjutnya, masih menunggu tindak lanjut dari BPLH Kabupaten Bekasi terkait dengan pencemaran yang terjadi di sungai Cilemahabang.

“Kita hampir setiap bulan sekali melakukan pengecekan laboratorium dan selalu kita kirimkan ke BPLH. Tetapi memang sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,” tuturnya.

Ia berharap agar BPLH mau meningkatkan pengawasan serta memerintahkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kawasan industri untuk memasang IPAL dan tidak membuang limbah ke sungai.

Baca Juga

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto.

Teknologi Zero Waste di TPA Burangkeng Terancam Gagal

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Rencana Pemerintah Kabupaten Bekasi agar  TPA Burangkeng bisa segera menerapkan teknologi zero …

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengawasan Lingkungan, BPLH Kabupaten Bekasi, Agus Dahlan didampingi Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto.

TPA Burangkeng Menjadi Lokasi Penilaian Paling Krusial Untuk Adipura

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pengawasan Lingkungan, BPLH Kabupaten Bekasi, Agus …