Hasil Sidang Isbat, Lebaran Jatuh Pada Senin 02 Mei 2022

BERITACIKARANG.COM, JAKARTA  – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin (02/05) besok.

Menteri Agama (Menag),  Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dengan hasil sidang isbat 1 Syawal tersebut, maka seluruh umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran secara serentak tahun ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, perayaan Idul Fitri secara serentak merupakan wujud kebersamaan umat Islam di Indonesia.

“Kita sepakati bersama dan berharap mudah-mudahan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia bisa merasakan Idul Fitri bersama-sama. Ini cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia” ujar Yaqut dalam konferensi pers hasil sidang isbat dikutip beritacikarang.com dari Antara, Minggu (01/05).

“Dan juga ini wujud kebersamaan anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa ini bersama-sama,” ucap dia.

Keputusan 1 Syawal tersebut disampaikan Yaqut setelah dilakukan mekanisme sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama.

“Dengan berdasarkan hisab dan rukyat, posisi hilal sudah di atas ufuk serta secara mufakat sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022,” kata Yaqut.

Yaqut mengatakan dari 99 titik pengamatan ada yang melaporkan melihat hilal yang sudah sesuai kriterian memasuki bulan baru. Dalam jumpa pers itu, Yaqut mengatakan, hilal atau Bulan sabit tertipis nampak pada ketinggian pada 4 derajat 0,59 menit.

Menag mengatakan, dalam melaksanakan sidang isbat Kemenag menggunakan dua metode, yaitu hisab atau perhitungan dan rukyat atau pengamatan langsung terhadap hilal. “Keduanya metode yang saling melengkapi dan tidak dipertentangkan,” ujar Yaqut. (riz)

Pos terkait