sobat obon
sobat obon

Cerita Sang Sutradara dibalik Film Independen: Gerakan Politik Rakyat

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Film Independen: Gerakan Politik Rakyat akan dirilis di bulan Januari 2017 mendatang kini telah membuat penasaran anak-anak remaja bahkan orang dewasa untuk ditonton.

BACA : Trailer Film Independen : Gerakan Politik Rakyat Sudah Beredar!

Dari trailer yang tersebar di berbagai sosial media, film tersebut bercerita tentang perjuangan relawan Obon – Bambang (Obama) dari mulai mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain sebagainya. Andi Superi & Deny Ahmad Furqon selaku sutradara, rela menceritakan kisah dibalik penggarapan film tersebut.

“Ide awal film ini muncul ketika saya dan Deny diskusi soal gerakan relawan Bang Obon. Saat itu masih Bakal Calon. Masih proses ngumpulin KTP,” kata Andi Superi, Selasa (27/12) malam.

Ia menjelaskan saat itu, sebenarnya ia tengah merencanakan penelitian tentang gerakan relawan Obon yang dinilai bekerja luar biasa. Bukan cuma soal independennya, melainkan juga tentang cara relawan independen ini bekerja.

BACA : Relawan Obama Segera Luncurkan Film Dokumenter!

“Saya melihat ini semacam antitesis dari citra gerakan politik sekarang yang cenderung elitis. Ini semacam sesuatu yang menyeruak dari bawah. Ini gerakan rakyat,” tutuurnya.

“Pertanyaannya awalnya itu, apa yang menggerakkan relawan? Jadi niatnya dulu bukan mau buat film. Tapi mau buat semacam penelitian. Munculnya gagasan tentang film itu dari diskusi saya sama Deny. Jadi akhirnya kita sepakat bikin semacam penelitian melalui film,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan bahwa tantangan terberat dari pembuatan film ini adalah, penelitian yang difilmkan. Berangkat dari pertanyaan awal, kemudian saat bergerak muncul pertanyaan dan fenomena baru.

“Jadi sama sekali tak ada skenario. Kita sama sekali enggak tahu film ini akan seperti apa,” jelasnya.

Sementara itu Deny Ahmad Furqon menyatakan ketertarikannya terlibat dalam proses pembuatan film ini karena rasa ingin tahu tentang gerakan relawan yang diinisiasi gerakan buruh go politics. Terlebih jalur yang diambil itu independen, yang merupakan metode baru dalam ajang kontestasi politik di Kabupaten Bekasi.

“Ini menarik. Bagaimana relawan Obon bergerak tanpa menunggu diongkosi. Mereka membiayai gerakan itu dari kocek mereka sendiri. Bagi saya, ini adalah momen penting buat sejarah kontestasi politik di Kabupaten Bekasi,” kata Deny.

Menurutnya, tantangan pembuatan film Independen : Gerakan Politik Rakyat ini adalah soal waktu. “Sebab tidak ada perencanaan selama syuting, melainkan mengikuti jadwal dari relawan. Itu sih terberat. Banyak dadakan juga,” ujarnya.

Untuk proses pembuatan film, sambungnya, menghabiskan waktu sekitar 6 bulan. (BC)

Baca Juga

obon - bambang

Penolakan Revisi UU Ketenagakerjaan Terus Bergulir, Obon Tabroni: 85 Juta Buruh Formal Bakal Terdampak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Rencana pemerintah untuk merevisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan …

Salah seorang pekerja berjalan keluar dari pabrik di Kawasan Industri Jababeka II, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan.

Obon Tabroni Minta Revisi UU Ketenagakerjaan Ditunda

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Deputi Presiden FSPMI yang juga Vice Presiden KSPI Obon Tabroni meminta usulan …