Cegah Stunting pada Anak dengan Rajin Makan Ikan

Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN Karang Satria 02, Kecamatan Tambun Utara, Rabu (31/05).
Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN Karang Satria 02, Kecamatan Tambun Utara, Rabu (31/05).

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perikanan terus menggalakkan konsumsi ikan di masyarakat. Salah satunya melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso mengatakan salah satu upaya untuk mencegah stunting adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya protein hewani.

Bacaan Lainnya

BACA: Pemkab Bekasi Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting

“Asupan protein hewani sangat penting sebagai salah satu upaya mencegah stunting, khususnya protein hewani yang terdapat pada ikan,” kata Iman, usai menggelar kampanye Gemarikan di SDN Karang Satria 02, Kecamatan Tambun Utara, Rabu (31/05).

Pemerintah Kabupaten Bekasi, sambungnya, terus mengampanyekan program Gemarikan agar masyarakat yang mengkonsumsi ikan terus meningkat jumlahnya.

“Kami terus melakukan sosialisasi dengan berbagai kegiatan supaya masyarakat semakin rajin makan ikan,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa sekarang ini yang menjadi sasaran adalah konsumsi ikan untuk anak-anak sebagai upaya mencegah terjadinya stunting.

Oleh karenya, diperlukan kreativitas orang tua agar mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi lebih menarik bagi anak.

“Kalau orang dewasa sudah paham manfaat makan ikan. Cuma bagi anak-anak memang diperlukan makanan yang bervariatif supaya mereka tidak bosan. Jadi selain bisa digoreng atau pindang, ikan juga bisa diolah dengan cara diabon dan krispi untuk menarik minat anak-anak kita saat makan ikan,” kata dia.

Kordinator Promosi Direktorat Pemasaran dan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan di Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Emy Khonifah mengatakan kampanye Gemarikan sejalan dengan program pemerintah melawan stunting. Tahun 2024 pemerintah menargetkan 14 persen penurunan stunting.

“Ya, kalau gerakan memakan ikan itu bisa meningkatkan kecerdasaan pada anak dan harapan kita semua untuk peningkatan konsumsi makan ikan yang tinggi bisa mendukung percepatan penurunan angka stunting,” ucapnya. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait