Bangun Embung dan Sumur Bor, Pemkab Bekasi Siapkan Rp 20 Miliar

Salah seorang warga saat mengangkut air dari penampungan di Kp. Cijati Tonggoh, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah
Salah seorang warga saat mengangkut air dari penampungan di Kp. Cijati Tonggoh, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menggelontorkan Rp. 20 miliar untuk membangun sedikitnya 6 embung penampung air serta 120 titik sumur bor di sejumlah lokasi yang kerap dilanda kekeringan.

BACA: Ini Upaya Bupati Bekasi Atasi Krisis Air Bersih di Cibarusah

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir membenarkan anggaran pembangunan sumur bor dan embung tersebut dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2019..

Menurut dia, empat buah embung akan dibangun di Cibarusah dan dua di Bojongmangu. Kedua wilayah itu terdata sebagai daerah yang kerap dilanda kekeringan setiap tahunnya pada saat kemarau.

“Embung sebenarnya disiapkan untuk menampung cadangan air bagi persawahan. Karena akibat kekeringan banyak sawah mengering. Sedangkan sumur bor untuk kebutuhan rumah tangga,” kata dia.

Kendati begitu, pembangunan sumur bor tidak sembarangan dilakukan, melainkan harus dilakukan penelitian terlebih dahulu melalui teknik Geolistrik.

“Jadi nggak semua tempat bisa kita bangun karena kita harus melihat ketersediaan air tanahnya terlebih dahulu apakah bisa dibangun atau tidak supaya pembangunannya nanti jangan sia-sia atau tidak bisa digunakan karena tidak ada sumber airnya,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi ketidaktersediaan air tanah, keberadaan sumur bor dapat diganti dengan adanya support dari PDAM Tirta Bhagasasi yang tengah membangun jaringan pipa ke ke wilayah selatan seperti Cibarusah, Bojongmangu. Pipa yang tengah dipasang diyakini dapat menanggulangi krisis air bersih bagi warga untuk kebutuhan sehari-hari dengan dijadikan hydran umum.

“Nanti mereka yang siapkan jaringan pipa dan kita yang siapkan hidrantnya. Rencananya seperti itu,” kata dia. (BC)

Pos terkait