Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memberikan bantuan air warga yang terdampak krisis air bersih di halaman Masjid Al Ikhlas, Kp. Poponcol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Jumat (12/07) pagi
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memberikan bantuan air warga yang terdampak krisis air bersih di halaman Masjid Al Ikhlas, Kp. Poponcol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Jumat (12/07) pagi

Ini Upaya Bupati Bekasi Atasi Krisis Air Bersih di Cibarusah

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH  – Krisis air bersih yang kerap melanda warga di Kecamatan Cibarusah pada musim kemarau ternyata sudah ditangani Pemkab Bekasi. Salah satunya adalah dengan melakukan dropping air bersih untuk warga yang terdampak di wilayah tersebut seperti di Desa Ridogalih, Ridomanah dan Sirnajati.

BACA: Krisis Air Bersih di Kabupaten Bekasi Meluas Ke Serang Baru

Meski demikian, dropping air bersih yang salurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi  dan PDAM Tirta Bhagasasi kepada warga di wilayah tersebut sifatnya hanya sementara. Kedepan, Pemkab  Bekasi  tengah berupaya membangun sumur bor dan hidran umum untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

“Ini hanya sementara, kedepan kita juga akan fikirkan untuk membuat sumur bor dan hidran umum sehingga ini tentu saja akan memudahkan masyarakat memperoleh air bersih ketika musim kemarau,” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat mengunjungi warga yang terdampak krisis air bersih di halaman Masjid Al Ikhlas, Kp. Poponcol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Jumat (12/07) pagi.

Sambil membagikan secara langsung air bersih, dalam kesempatan itu, Eka juga sempat berdialog dengan warga setempat untuk mendengarkan keluhan dan permasalahan yang dihadapi warga selama ini.

BACA: Kekeringan Lahan Pertanian di Cibarusah Meluas Hingga 50 Hektar

Eka menambahkan, selain kebutuhan air bersih untuk mandi cuci dan kakus (MCK) warga , kebutuhan air untuk lahan pertanian di wilayah tersebut juga menjadi perhatiannya. Menurut Eka, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan membuat embung (penampungan air).

“Jadi nanti jangan sampai kedepannya para petani kita menjadi korban akan kekeringan ini.  Kita akan membuat embung-embung untuk lahan pertanian dan saya juga sudah mengintruksikan Dinas PUPR agar kedepannya kita bisa bekerjama, berkomunikasi dengan BBWS untuk membuat bendungan di Kali Cipamingkis,” tuturnya.

Oleh karenanya, Eka meminta warga untuk bersabar dan menegaskan bahwa bahwa Pemkab Bekasi dipastikan akan selalu hadir untuk memberikan pelayanan kepada warga khususnya yang terdampak krisis air bersih.

“Jadi saya sengaja ke tempat ini biar tahu bagaimana dan upaya apa saja yang akan kita lakukan. Saya mengajak warga untuk bersabar,  kita tawakal, mudah-mudahan ini semua bisa kita lalui dan kita bisa mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada disini,” tuturnya.

Sementara itu Camat Cibarusah, Enop Can mengatakan jumlah warga di Desa Ridogalih, Ridomanah dan Sirnajati yang mengalami krisis air bersih berjumlah sebanyak 2.280 Kepala Keluarga.

“Kami sudah melaporkan ke Bupati melalui BPBD dan Alhamdulillah selama ini untuk pendistribuian air bersih selalu didistribusikan kepada warga kami, setiap harinya dua tanki,” ungkapnya.

Dia berharap dengan tersedianya sumur bor ataupun hidran umum dari pipa PDAM persoalan air bersih bagi warga di wilayahnya dapat segera ditanggulangi

“Kekeringan ini bukan hal baru, hampir setiap tahun di musim kemarau. Makanya harapan kita kedepan mudah-mudahan  bisa teratasi dan saya lihat sudah ada galian pipa PDAM  yang bisa digunakan untuk hidran umum dan masuk ke rumah-rumah warga. Mudah-mudahan tahun depan warga sudah tidak mengalami krisis air bersih lagi,” ucapnya.

Berdasarkan data Pusat Pengandalian Operasi Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, pendistribusian air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Cibarusah telah dilakukan dari tanggal 21 Juni 2019 lalu. Hingga saat ini, sedikitnya ada 160 ribu liter air bersih yang telah didistribusikan BPBD Kabupaten Bekasi kepada ribuan warga yang terdampak krisis air bersih di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi aplikasi android

Kabupaten Bekasi Siapkan Aplikasi Android Tampung Saran dan Keluhan Warga

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Bebunge. Aplikasi …

Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah, AKP. Sukarman saat memimpin gelar perkara kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang melibatkan KR (31) dan MA (27), Selasa (17/09).

Polsek Cibarusah Bongkar Peredaran Narkoba di Bojongmangu

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH  – Jajaran Kepolisian Sektor Cibarusah berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu di Kp. …