Pembangunan Museum Gabus Salam Srijaya yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat Tambun Utara sekaligus Kepala Desa Srijaya, Drahim Sada.
Pembangunan Museum Gabus Salam Srijaya yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat Tambun Utara sekaligus Kepala Desa Srijaya, Drahim Sada.

Wow, Pertama di Kabupaten Bekasi! Kepala Desa Srijaya Bangun Museum Desa

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA – Untuk pertama kalinya di Kabupaten Bekasi, warga Kp. Gabus, Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara dalam waktu dekat akan segera memiliki museum desa.  Museum ini akan diberinama Museum Gabus Salam Srijaya yang pembangunananya diprakarsai oleh tokoh masyarakat Tambun Utara sekaligus Kepala Desa Srijaya, Drahim Sada.

“Saat ini pembangunan museumnya hampir rampung, tinggal 10% lagi tahap pembangunannya,” kata Drahim, Sabtu (03/09).

Dengan adanya museum ini, kata dia, hal-hal yang berkaitan dengan peninggalan leluhur warga Kp. Gabus akan lebih tertata rapi dan menjadi dokumentasi sejarah yang memiliki edukasi tinggi bagi masyarakat.

“Sehingga ini bisa menjadi salah satu manifesto kesejaharan yang dengan sendirinya akan menjelma menjadi sebuah warisan ilmu dan pengetahuan dari leluhur orang gabus. Tentunya untuk masa depan masyarakat dan anak-anak muda Gabus pada khususnya,” kata dia.

“Dan saya sangat berharap sekali dengan adanya pembangunan museum desa pertama di Bekasi raya ini, bisa semakin meningkatkan rasa cinta kita akan peninggalan-peninggalan bersejarah, peninggalan-peninggalan leluhurnya orang Bekasi,” sambungnya.

Adapun isi dari museum desa ini, diantaranya adalah Lumpang Purba, Senjata Tajam Pusaka Rakyat Gabus Srijaya, Foto-foto tua para ulama, guru-guru sekolah umum generasi pertama yang ada di Gabus Srijaya, termasuk perkakas pertanian seperti Luku, Arit, Pacul, Nila, Kembu, Joran, dll. (BC)

Baca Juga

Tersangka FMI (23) saat diamankan Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Sukatani.

Simpan 3 Paket Ganja di Bungkus Rokok, Pemuda Gondrong Ini diamankan Polisi

BERITACIKARANG.COM, SUKATANI  – Unit Reserse Kriminal Polsek Sukatani menangkap FMI (23) tersangka pengedar narkoba jenis …

Celurit yang diamankan petugas dari tangan tersangka NH

Lukai Korban Pakai Clurit, Komplotan Begal di Babelan Dibekuk Polisi

BERITACIKARANG.COM, BABELAN  – Unit Reskrim Polsek Babelan dan Tim Cobra Polres Metro Bekasi berhasil mengamankan komplotan …