Warga Kabupaten Bekasi Minta Kolecer Ditambah

Kolecer yang ada di Taman Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.
Kolecer yang ada di Taman Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR  –  Warga Kabupaten Bekasi meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi menambah jumlah Kotak Literasi Cerdas (Kolecer). Pasalnya keberadaan Kolecer dinilai sangat bermanfaat bagi warga.

“Buku yang disediakan dalam boks Kolecer tersebut, banyak diminati oleh setiap pengunjung, sehingga Kolecer ini patut untuk ditambah,” kata Iwan, salah seorang pengunjung Taman Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cikarang Timur, Sabtu (16/09).

Bacaan Lainnya

BACA: Tingkatkan Literasi, Kabupaten Bekasi Hadirkan Kolecer di Taman Sehati

Selain menambah Kolecer di sejumlah titik lokasi selain Taman RPTRA Cikarang Timur, dirinya juga menginginkan adanya pembaharuan judul buku agar tidak bosan. “Ya harusnya diganti setiap berapa minggu sekali biar tidak itu-itu lagi yang dibaca,” kata dia.

Lokasi Kolecer Tersebar di 11 Lokasi

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengatakan Kolecer merupakan program bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program ini digagas untuk untuk meningkatkan kegemaran membaca dan kemudahan akses masyarakat terhadap bahan bacaan.

“Saat ini Kolecer di Kabupaten Bekasi sudah ada 11 di lokasi,” ungkapnya.

Kolecer untuk pertama kalinya diluncurkan di Taman Sehati yang berada di Komplek Stadion Wibawamukti pada tahun 2019. Namun sekarang lokasinya dipindahkan ke Pojok Baca di Kampung Perang Lesang, Desa Pasirranji, Kecamatan Cikarang Pusat.

Sedangkan Kolecer yang ada di Taman RPTRA Cikarang Timur baru tersedia di tahun 2020. Bersamaan dengan 5 Kolecer lain yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Mal Pelayanan Publik Cikarang Utara. Kemudian Grand Mutiara Gading di Desa Telajung Cikarang Barat, Gedung Dharma Wanita PKK dan Desa Pantai Bakti Muaragembong.

Untuk tahun 2021 dan 2022 tidak ada program bantuan Kolecer dari Jawa Barat menyusul adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Nah untuk tahun 2023 ini Alhamdulillah Kolecer sudah di tambah lagi. Lokasinya tersebar di 4 titik Kabupaten Bekasi yang mudah diakses masyarakat. Diantaranya di Kantor Kecamatan Bojongmangu serta Kampung Tangguh Wanasari Cibitung. Kemudian Sanggar Rumah Bintang Gedung Djuang Tambun Selatan serta Masjid Attaqwa Desa Karangsambung Kedungwaringin,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya Kolecer ini Tingkat Gemar Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) khususnya di Kabupaten Bekasi dapat meningkat. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait