Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) pertama di Kabupaten Bekasi, yang terletak di Perumahan Graha Asri, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur | Foto: Humas Pemkab Bekasi
Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) pertama di Kabupaten Bekasi, yang terletak di Perumahan Graha Asri, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Bupati Resmikan RPTRA Pertama di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya yang berada di wilayah Cikarang Timur kini sudah tidak perlu jauh lagi untuk bisa menikmati waktu santai bersama keluarga. Sebab, Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang terletak di Perumahan Graha Asri, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur kini telah resmi dibuka.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berharap masyarakat bisa mempergunakan fasilitas yang ada di taman tematik ini dengan sebaik mungkin. “Taman ini dibangun untuk masayarakat, maka dipergunakanlah dengan baik dan juga kan banyak sekolah-sekolah yang letaknya tidak jauh dari taman ini pergunakanlah untuk menunjang kegiatan sekolah, seperti kegiatan olahraga contohnya,” kata dia, Rabu (12/02).

Selain itu, Eka juga menghimbau  masyarakat ikuta bersama0sama merawat RPTRA ini. Karena terbuka untuk umum, maka perlu adanya himbauan kepada para pengunjung untuk mau menjaga dan merawat pula keindahan RPTRA yang sudah tertata dengan rapih ini.

“Mari kita sama sama menjaga taman ini, jangan sampai kita hanya mampu membangun pembangunan taman ini saja tetapi tidak mampu menjaganya. Kalau bukan kita, siapa lagi?,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan  mengatakan, RPTRA yang diresmikan Bupati merupakan RPTRA pertama di Kabupaten Bekasi yang ditunjang dengan beragam fasilitas yang cukup lengkap.

“Fasilitas yang disediakan disini sudah lengkap, seperti ada lintasan lari, lapangan voli, lapangan basket, panggung pentas, arena bermain skateboard, pendopo yang difasilitasi dengan Kolecer, serta alat bermain anak-anak seperi ayunan, jungkat jungkit dan banyak lainnya,” jelas Iwan.

Setelah diresmikan, Iwan berharap kedepannya RPTRA ini dapat menjadi ikon taman ramah anak yang ada di Kabupaten Bekasi. “Dengan didukung fasilitas yang memadai, hal ini tentunya diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat Kabupaten Bekasi bisa datang dan berwisata bersama dengan keluarganya,” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan, ditahun 2020 ini akan ada beberapa taman besar lagi yang akan dibangun oleh Pemkab Bekasi yakni, Taman Lingkungan (sclupture) yang tersebar di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Tambun Utara, Cikarang Pusat, Sukawangi, Sukakarya dan Kedungwaringin, Taman Bermain yang tersebar di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Cibitung, Kedungwaringin, Cikarang Barat, Karangbahagia, dan Serangbaru, dan Taman Median Pulau atau Taman Pulau Mareleng di Kecamatan Kedungwaringin. (BC)