Urgent! Jembatan Gantung Sasakmare Butuh Perbaikan

Salah seorang pengendara melintasi jembatan gantung Sasakmare yang menghubungkan Desa Jayasampurna, Serang Baru dengan Desa Kertarahayu, Setu
Salah seorang pengendara melintasi jembatan gantung Sasakmare yang menghubungkan Desa Jayasampurna, Serang Baru dengan Desa Kertarahayu, Setu

BERITACIKARANG.COM, SERANG BARU  – Jembatan gantung Sasakmare yang dulu pernah viral dan ramai dikunjungi kini kondisinya memperihatinkan.  Selain itu keberadan jembatan yang melintas di atas aliran Kali Cikarang dan menghubungkan antara Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru dengan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu itu juga dipastikan terdampak proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II.

BACA: Warga Serang Baru Sambut Baik Pembangunan Jembatan Gantung Sasak Manggala

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi warga, jembatan gantung Sasakmare yang terakhir kali direhabilitasi melalui program Karya Bakti TNI di tahun 2015 itu kontruksinya semakin memburuk dan mengkhawatirkan. Meski masih bisa dilewati kendaraan roda dua, namun sejumlah kawat penahan dan besi penyangga lantai jembatan rusak akibat dimakan usia.

“Kayu yang menjadi lantai jembatan juga banyak yang rusak dan untuk sementara kita ganti dengan batang bambu,” kata Marta warga Kampung Lengsir RT 03 RW 06 Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru, Kamis (22/08).

Marta menjelaskan jembatan gantung Sasakmare juga dipastikan terdampak proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II. Karenanya, pemerintah diharapkan memberi perhatian dengan segera melakukan perbaikan atau membangunnya secara permanen di luar trase proyek strategis nasional tersebut.

“Karena banyak yang menggunakan dan jika tidak cepat diatasi, tentu kondisinya akan bertambah parah sehingga bisa membahayakan bagi masyarakat yang melewati jembatan itu,” ungkapnya.

Selain mengalami kerusakan, jembatan yang melintas di atas aliran Kali Cikarang dan menghubungkan antara Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru dengan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu itu juga dipastikan terdampak proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II
Selain mengalami kerusakan, jembatan yang melintas di atas aliran Kali Cikarang dan menghubungkan antara Desa Jayasampurna, Kecamatan Serang Baru dengan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu itu juga dipastikan terdampak proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan paket IIA ruas Setu-Sukaragam

Sekretaris Kecamatan Serang Baru, Irwan Kurniawan mengatakan  usulan perbaikan jembatan gantung Sasakmare telah dilayangkan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi sejak beberapa tahun silam. Informasi sementara yang diterima, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah merampungkan Detail Enginering Design (DED) jembatan tersebut 2023 lalu.

“Blue printnya sudah selesai. Kita masih terus berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air Binamarga dan Binakontruksi Kabupaten Bekasi untuk dapat dilakukan penanganan secepatnya. Ini yang terus kita dorong,” kata dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait