Para personil TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD saat tinggal dan makan di salah satu rumah penduduk.
Para personil TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD saat tinggal dan makan di salah satu rumah penduduk.

TMMD di Desa Sukadaya, Ratusan Personil TNI Bermukim di Rumah Warga

BERITACIKARANG.COM, SUKAWANGI –Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 106 Kodim 0509/Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di Kp. Pengarengan RT 016/006 Dusun II Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi telah berlangsung sejak 02 Oktober 2019 lalu.

Selama kegiatan berlangsung, para personil TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD  wajib untuk tinggal dan makan di rumah penduduk. Seluruh personil dihimbau untuk tidak membebani warga yang rumahnya ditinggali serta diwajibkan untuk memperhatikan kebutuhan sehari-hari warga yang rumahnya ditempati.

“Ini adalah manifestasi atau roh dari kemanunggalan TNI dengan rakyat. Para personil akan tingggal di rumah-rumah penduduk berbaur bersama warga,” kata Pasiter Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, Kapten Inf. Budi Wiyono, Minggu (06/09).

Saat ini tercatat ada sekitar 20 rumah penduduk yang ditempati Satgas TMMD dengan jumlah 5 orang personil per rumahnya. Mereka akan menjadikan warga yang rumahnya ditinggali sebagai saudara bahkan orang tua sendiri.

“Dengan demikian diharapakan terjalin komunikasi yang lebih erat antara personil TNI dengan warga. Para personil bisa berbaur dengan warga selama 24 jam,” tuturnya.

Diketahui pada kegiatan TMMD ini, ratusan personil TNI bekerjasama dengan warga melakukan kegiatan fisik seperti membangun jalan dan saluran air sepanjang 1000 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 cm. Selain itu, mereka juga melaksanakan kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan kepada warga, khususnya berkaitan dengan persoalan wawasan kebangsaan.

Hal ini seperti yang dilakukan Batinwawil Koramil 10/Sukatani, Pelda Nein kepada puluhan ibu-ibu pengajian Majlis Taklim di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi. “Sementara untuk kegiatan fisik, yakni membangun jalan dan saluran air progres di hari keenam pelaksanaan TMMD sudah mencapai 11 persen,” kata Kapten Inf. Budi Wiyono. (BC)

Baca Juga

Perataan badan jalan oleh Satgas TMMD dengan menggunakan batu kapur, Jum'at (04/10).

Satgas TMMD Bangun Jalan di Desa Sukadaya

BERITACIKARANG.COM, SUKAWANGI – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 yang diselenggarakan Kodim 0509/Kabupaten …

Penanaman pohon, salah satu rangkaian kegiatan pembukaan TMMD Ke 106 di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Sekda Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD di Desa Sukadaya

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 dibuka secara resmi dalam …