Longsor yang menerjang pemukiman warga di Kp. Kebalen Warung Pojok RT 001/002, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan.
Longsor yang menerjang pemukiman warga di Kp. Kebalen Warung Pojok RT 001/002, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan.

Tak Hanya di Tambun Utara, Warga Babelan Juga Dilanda Tanah Longsor

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Bencana tanah longsor tak hanya mengikis pemukiman warga di Dusun II Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara. Longsor yang diakibatkan derasnya arus Kali Bekasi juga menerjang sedikitnya 12 rumah yang ada di Kp. Kebalen Warung Pojok RT 001/002, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan.

BACA: 10 Rumah di Tambun Utara Terancam Tergerus Longsor

Ketua RT setempat, Bapak Sebih mengatakan longsor terjadi pada Minggu 23 Februari 2020 lalu. Akibatnya sebanyak 12 rumah warga yang berada di bantaran Kali Bekasi terkena dampak.

“Dari ke 12 rumah yang terkena dampak, 5 rumah hancur atau mengalami kerusakan akibat abrasi dan 3 diantaranya sudah hanyut terbawa arus Kali Bekasi,” kata Bapak Sebih, Rabu (04/03).

Sementara sisanya, yakni 7 rumah terancam tergerus longsor. “Jarak rumah dengan kali awalnya 10-30 meter. Akibat terus menerus tergerus longsor akhirnya hanya tersisa 1-10 meter. Ini terjadi sejak tahun 2017,” katanya.

BACA: Tak Tersentuh Pemerintah, Titik Longsor di Tambun Utara Perlu Dipasang Sheet Pile

Sebagai langkah awal, sambungnya, warga bersama BPD dan sejumlah relawan kemanusiaan telah memperingati warga terdampak agar berhati-hati terhadap bencana lanjutan akibat longsor Kali Bekasi dan bahu membahu membantu perbaikan seadanya atas bencana tersebut.

Perwakilan dari Relawan OWL, Ridwan menambahkan sejak longsor terjadi kebutuhan mendesak bagi warga yang terdampak adalah bambu sebanyak 2000 batang, 3000 karung berisi pasir/tanah serta terpal/tenda darurat. “Sampai saat ini belum ada penanangan atau bantuan dari pihak-pihak terkait,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi Gantung Diri

Tragis, Seorang Ayah di Babelan Gantung Diri Ditemukan Anaknya

BERITACIKARANG.COM, BABELAN  –  Seorang pria berinisial M (59) asal Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan nekat mengakhiri …

Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat menjinakan si jago merah, Minggu (09/02).

Gudang Pabrik Rempah di Babelan Ludes Dilalap Si Jago Merah

BERITACIKARANG.COM, BABELAN –  Gudang pabrik rempah yang berada di Jl.Raya Pangkalan No.27, Desa Kedung Pengawas, …