Sampah Plastik Hanyut di Kali CBL

BERITACIKARANG.COM, BABELAN – Viral di jejaring media sosial aliran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) yang dipenuhi sampah.

Sampah tersebut tiba-tiba hanyut di aliran Kali CBL, tepatnya di perbatasan Desa Muarabakti dan Huripjaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi pada 11 September 2024 pagi.

Bacaan Lainnya

BACA: TPS Liar di Pinggir Kali CBL Ditutup

“Tiba-tiba ini ada sampah hanyut. Kaget kita. Ini mungkin kebawa arus sungai dari hulu,” kata Lincung (40) warga Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Belum diketahui darimasa asal sampah plastik tersebut. Namun, warga menduga sampah-sampah yang hanyut berasal dari tempat pembuangan sampah ilegal.

“Di hulu sungai itu banyak tempat buang sampah ilegal. Mungkin di hulu hujan dan sampah jatuh ke sungai hingga akhirnya hanyut terbawa hingga kesini,” kata dia.

Apabila dibiarkan, sampah-sampah ini dipastikan akan terbawa arus hingga laut atau perairan Muaragembong dan laut Tarumajaya.

“Ini kan merugikan nelayan dan petani tambak,” kata dia.

40 Ton Sampah Diangkut di Kali CBL

Menanggapi hal ini, puluhan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi diterjunkan untuk membersihkan aliran Kali CBL.

Sampah yang berhasil dikumpulkan dievakusi ke darat dengan menggunakan perahu karet, sebelumnya akhirnya dibawa ke TPS Burangkeng.

“Hari ini kami melalukan pembersihan di aliran kali CBL. Kita menerjunkan 40 personil,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Donny Sirait.

Dalam kegiatan tersebut pasukan orange berhasil mengevakuasi sebanyak kurang lebih 40 ton sampah. “Di CBL ini ada 40-50 ton sampah yang berhasil dievakuasi,” ucapnya.

Guna mengantisipasi terjadinya hal yang sama, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi memasang barier dari bambu yang berfungsi menghalau sampah yang terbawa arus dari hulu sungai.

Sampah yang tertahan pada barier bambu, selanjutnya akan diangkut oleh petugas kebersihan setiap harinya. (DED)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait