Pj Bupati Bekasi Minta Perangkat Daerah Responsif Terhadap Aduan Masyarakat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, meminta kepada seluruh Perangkat Daerah agar responsif dalam menindaklanjuti aduan masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Rapat Evaluasi Laporan dan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan secara virtual bersama Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Selasa (14/06).

Bacaan Lainnya

“Kepada seluruh Perangkat Daerah, apabila ada aduan yang disampaikan oleh masyarakat, mohon segera ditanggapi dan ditindaklanjuti. Kita harus responsif terhadap aduan-aduan itu,” ucap Dani Ramdan.

Setelah memeriksa data aduan masyarakat yang disampaikan melalui aplikasi SP4N-LAPOR!, ia menemukan masih ada beberapa Perangkat Daerah yang belum memberikan tindaklanjutnya. Ia menyampaikan Perangkat Daerah harus segera menindaklanjut dan memberikan respon yang substantif.

Selain itu, ia juga meminta agar masing-masing media sosial Perangkat Daerah dapat diaktifkan, karena banyak dari masyarakat yang menyampaikan keluhannya melalui media sosial. Dengan begitu, media sosial Perangkat Daerah bisa langsung menanggapinya keluhan tersebut, atau bahkan Kepala Perangkat Daerahnya bisa ikut langsung menanggapinya.

“Saya minta di Perangkat Daerah siapkan orang untuk mengelola media sosialnya, karena sekarang masyarakat banyak aktif di media sosial jadi mereka menyampaikan keluhannya disitu. Jika ada keluhan nanti Perangkat Daerahnya atau Kepala Dinasnya bisa langsung merespon,” jelasnya.

Mengenai banyaknya keluhan yang masuk mengenai jalan rusak, ia berpesan kepada Perangkat Daerah terkait untuk memanfaatkan bantuan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan oleh pihak swasta untuk melakukan perbaikan sementara, apabila jalan tersebut belum masuk di anggaran pada tahun berjalan. Selanjutnya, Perangkat Daerah terkait diharapkan dapat mulai menganggarkan perbaikan jalan tersebut secara permanen di tahun berikutnya.

“Jika dilihat keluhan yang masuk, banyak terkait jalan rusak. Jika belum ada anggarannya, kita manfaatkan bantuan dari pihak swasta untuk diberikan perbaikan sementara, baru setelah itu bisa dianggarkan di tahun berikutnya,” pesannya.

Terakhir, ia berharap agar dalam rapat rutin yang akan dilaksanakan pada hari Selasa minggu berikutnya, masing-masing Perangkat Daerah telah memberikan tindaklanjut terhadap aduan-aduan yang diterimanya.

“Jadi untuk Selasa depan saya minta sudah ada progres tindak lanjutnya ya dari Perangkat Daerah, jangan sampai aduan-aduan ini tidak ditindaklanjuti,” tutupnya. (dim)

Pos terkait