Petani Korban Banjir dapat Bantuan Benih Padi

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Berkah Tani, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarya, Sumardi (kaos biru) menerima bantuan benih dari Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian RI.
Ketua Kelompok Tani (Poktan) Berkah Tani, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarya, Sumardi (kaos biru) menerima bantuan benih dari Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian RI.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Petani di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir beberapa waktu lalu mulai menerima bantuan benih padi dari Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian RI. Bantuan benih padi disalurkan secara bertahap kepada petani di 14 kecamatan sejak tanggal 23 Maret 2023 lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan di Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengungkapkan ada 10.490 Hektare lahan yang terdampak banjir tersebar di 14 Kecamatan dengan bantuan benih sebanyak 262.250 Kg

Bacaan Lainnya

“Kita sudah salurkan bantuan benih di Kecamatan Sukakarya total 25.875 Kg benih dengan lahan yang terdampak 1.035 Hektare dan diterima langsung oleh kelompok tani sesuai dengan calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang kami miliki. Untuk kecamatan lainnya menyusul bertahap,” ujarnya.

Disampaikannya untuk mendapat bantuan benih dari pemerintah, petani yang terdampak banjir tanamannya harus masuk kriteria puso, petani aktif yang terdata dalam sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK) dan divalidasi antara petugas pengendali organisme penganggu tumbuhan (POPT) dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di masing-masing wilayah yang terdampak.

“Untuk titik lokasi harus jelas sesuai dengan data pemetaan lahan pertanian berbasis spasial atau Poligon,” tambahnya.

Subkoordinator Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo menambahkan selain menerima benih, para petani di Kabupaten Bekasi juga telah mendapatkan bantuan berupa Pupuk Hayati Cair (PHC) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi. Total bantuan PHC yang disalurkan sebanyak 54.315 liter bagi petani di 18 kecamatan.

“Bantuan sudah selesai disalurkan di awal Maret tahun ini sesuai peruntukannya dan sudah direncanakan sebelumnya baik yang terdampak banjir maupun tidak di 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi,”  imbuhnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani (Pokta ) Berkah Tani, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarya, Sumardi mengucapkan terimakasih atas bantuan benih yang telah diberikan Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian RI.

“Bibit telah sampai kepada kelompok kami dengan jumlah 2.750 Kg dengan kualitas benih sangat bagus. Terimakasih banyak kepada Direktorat Perbenihan,” kata dia. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait