Penataan luar Gedung Juang menjadi Diorama Sejarah Bekasi
Penataan luar Gedung Juang menjadi Diorama Sejarah Bekasi

Pemkab Bekasi Pastikan Penataan Gedung Juang Jadi Museum Diorama Terealisasi Tahun Ini

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga memastikan penataan Gedung Juang – Tambun Selatan yang akan disulap menjadi museum diorama dengan konten sejarah Kabupaten Bekasi bakal terealisasi tahun ini.

BACA: Pemkab Bekasi Bakal Sulap Gedung Juang Jadi Museum Diorama di 2020

Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong mengatakan kendati terdapat sejumlah kegiatan yang tertunda akibat refocusing penanganan COVID-19, rencana pemerintah daerah untuk menata Gedung Tinggi menjadi pusat informasi dan wisata edukasi bagi masyarakat itu tetap dilanjutkan.

“Sesuai arahan Pak Bupati, penataan Gedung Juang untuk dijadikan museum diorama tetap terealisasi pada tahun ini,” kata Rahmat Atong, Jum’at (17/07).

Rahmat mengatakan saat ini kegiatan penataan tersebut telah selesai dilelang di ULP Kabupaten Bekasi dengan pagu sebesar kurang lebih Rp38,1 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi Tahun 2020. Dengan demikian, sambungnya, dalam waktu dekat kegiatan tersebut akan segera dimulai.

“Nantinya ketika museum ini selesai, ini akan menjadi ikon dan kebanggaan bagi warga Kabupaten Bekasi. Jadi harus tetap kita jaga dan pelihara dengan baik,” katanya.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menambahkan penataan Gedung Juang menjadi museum diorama merupakan salah satu target pembangunannya agar Kabupaten Bekasi memiliki ikon daerah selain alun-alun dan air mancur.

“Untuk pembebasan lahan alun-alun dan pembangunan air mancur itu terkena refocusing, tetapi alhamdulillah untuk penataan Gedung Juang tidak terganggu,” tuturnya.

Eka berharap penataan Gedung Juang dapat selesai di Agustus 2020 sehingga bisa menjadi kado bagi masyarakat di Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 70 nanti.

“Saya menekankan Agustus sudah selesai karena saya ingin nanti pada hari Jadi Kabupaten Bekasi, itu bisa menjadi hadiah bagi warga Kabupaten Bekasi. Bahkan, saya juga punya keinginan nanti ada sidang paripurna istimewa Hari Jadi Kabupaten Bekasi di lokasi tersebut,” harapnya. (BC)

Baca Juga

Pemkab Bekasi Selenggarakan Festival Batik Bekasi 2020

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Membatik merupakan salah satu pembentukan karakter karena mengandung nilai kesabaran, ketelitian, …

Kecamatan Tambun Selatan Juara Pertama Pengelolaan Media Sosial Terbaik se- Provinsi Jabar

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Kecamatan Tambun Selatan  berhasil menjadi juara dalam Jabar Juara Award 2020 …