Pemkab Bekasi Pastikan Ketersediaan Sembako Jelang Akhir Tahun Mencukupi

Telur ayam

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ketersediaan bahan pangan pokok atau sembako di pasar selama natal dan tahun baru dalam kondisi stok aman dan tercukupi untuk masyarakat Kabupaten Bekasi. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Wahyudi Amsar, Rabu (11/12).

Wahyudi mengatakan, walau dalam kondisi tercukupi, terdapat kenaikan harga di beberapa bahan pangan. Hal itu berkenaan dengan meningkatnya permintaan akan bahan makanan di setiap akhir tahun. Meski begitu, Wahyudi mengatakan kenaikan tersebut masih dalam batas toleransi. Seperti contohnya telur yang sebelumnya Rp 22.000,-/kg merangkak naik menjadi Rp 25.000-26.000,-/kg.

“Kalau bahan pokok seperti beras, daging, telur, sayuran dan lain sebagainya memang ada kenaikan di akhir tahun. Namun untuk beras, Kabupaten Bekasi telah memproduksi 80% dari kebutuhan tahunan daerah, jadi cenderung lebih aman dan stabil (persediannya),” katanya.

Wahyudi mengakui, secara harga daging sapi lebih mahal di pasar tradisional dibandingkan dengan pasar modern, sebab pasar tradisional mengambil stok sapi lokal yang jumlahnya sudah berkurang secara nasional.

“Selain itu, kebutuhan daging di Kabupaten Bekasi 42,075 ton per hari, sedangkan wilayah kita hanya bisa memproduksi 10 persen dari angka tersebut. Jadi selebihnya kita datangkan dari luar daerah, seperti Bali, Jawa, NTB, Sulawesi, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi keterbatasan daya beli masyarakat atas bahan makanan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Bulog,  telah memberikan bantuan subsidi bahan pokok pada Bazaar Murah pada 2 dan 3 Desember silam.

Dimana lebih dari seribu paket dijual setengah harga kepada warga Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur, dan Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu. Paket tersebut terdiri dari telur, beras, gula, minyak, dijual seharga Rp 50.000,- dari harga Rp 110.000,-

Sementara sisa harga senilai Rp 60.000,- dibayarkan ke Bulog dengan di subsidi menggunakan APBD Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui harga bahan pokok harian, Dinas Ketahanan Pangan telah menyediakan informasi harga yang dapat di akses di laman www.bekasilab.biz.id/hasopangan. (***)

Pos terkait