Pemkab Bekasi Dorong Seluruh Desa Melek Teknologi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah daerah mendorong seluruh desa di Kabupaten Bekasi agar melek terhadap perkembangan teknologi. Salah upaya yang dilakukan yakni dengan membentuk Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi mengatakan Posyantek adalah lembaga kemasyarakatan di tingkat desa maupun tingkat kecamatan. Keberadaan Posyantek berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang teknologi tepat guna.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, sambungnya, telah memfasilitasi kegiatan pembinaan penguatan organisasi dengan meluncurkan kelembagaan Posyantek di 23 Kecamatan dan 180 Desa di Kabupaten Bekasi.

Hal ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi Posyantek, sebagai wadah berbagi informasi dan pengalaman, serta memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam pemanfaatan dan penerapan teknologi tepat guna.

“Jadi setelah dibentuk, saya minta kepada para Camat dan Kepala Desa agar segera mengisi kepengurusan Posyantek yang ada di wilayahnya masing-masing,” kata Herman Hanapi, Selasa (09/11).

Melalui pembentukan Posyantek, maka diharapkan Camat maupun Kepala Desa dapat memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam yang ada dengan menggunakan teknologi tepat guna, sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan ekonomi desa dalam menggali potensi-potensi masyarakat desa.

“Saya berharap, Posyantek yang terbentuk dapat digunakan sebagai wadah berkumpulnya masyarakat agar dapat berinteraksi untuk menciptakan inovasi-inovasi guna mengakselerasi kemajuan desanya,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, mengatakan, Posyantek ini merupakan salah satu faktor pendorong perubahan, baik di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat.

“Selain itu, dengan adanya pemanfaatan teknologi tepat guna  diharapkan mampu menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup untuk meningkatkan produktivitas dan produksi usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (IST)

Baca Juga

Pemkab Bekasi dan UPI Jalin Kerjasama Pembangunan SDM

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemkab Bekasi meneken perjanjian kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang …

Pj Bupati saat meniklmati salah satu kuliner lokal produk UMKM Kabupaten Bekasi

Pemkab Bekasi Dorong UMKM Kuliner Berkembang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR  –  Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah mendorong agar pelaku Usaha Kecil dan Menengah …