14 Titik Tanggul Kritis di Kabupaten Bekasi Segera Diperbaiki

Perwakilan BBWS Citarum bersama Camat Pebayuran Hanif dan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 20 saat meninjau salah satu tanggul kritis di Kampung Sayuran RT 05/03 Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran.
Perwakilan BBWS Citarum bersama Camat Pebayuran Hanif dan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 20 saat meninjau salah satu tanggul kritis di Kampung Sayuran RT 05/03 Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran.

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum memastikan terdapat kurang lebih 55 titik tanggul kritis di Kabupaten Bekasi dan Karawang yang harus segera diperbaiki.

Kendati demikian, berdasarkan survei pengecekan dan penilaian di lapangan ada 18 titik tanggul krisis yang harus segera ditangani yaitu 14 titik di wilayah Kabupaten Bekasi dan 4 titik di wilayah Kabupaten Karawang.

Bacaan Lainnya

BACA: November, Tanggul Darurat di Pebayuran Dibeton

Perwakilan BBWS Citarum, Doni mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan perbaikan tanggap darurat dengan menggunakan geo bag dan pemasangan dolken untuk membuat tanggul lebih kuat dan mengurangi kekhawatiran masyarakat.

“Dalam menyikapi banyaknya tanggul kritis di sepanjang sungai Citarum dan untuk menghilangkan kekhawatiran warga masyarakat tentunya, hari ini kita turunkan material 500 Geo Bag di Kecamatan Pebayuran dan akan di susul dengan material Dolken dan 1 alat berat Excavator, bila semua sudah ready kita lakukan aksi, perbaikan secepat mungkin,”ujar Doni, Senin (08/11).

Sementara untuk tanggul yang jebol di Kampung Babakan Banten Desa Sumberurip, sudah melawati masa lelang dan tinggal menunggu waktu sanggah, kurang lebih satu minggu atau dua minggu lamanya.

“Mudah – mudahan tidak ada halangan dan bisa dapet segera dilakukan perbaikan permanen di bulan ini,” kata dia.

Sementara di tempat yang sama Camat Pebayuran Hanif S mengatakan, untuk Kecamatan Pebayuran, selain di Kampung Babakan Banten Desa Sumberurip terdapat dua titik lokasi tanggul yang akan diperbaiki yaitu di Kampung Kedunglotong Desa Bantarjaya, dan di Kampung Sayuran Kelurahan Kertasari.

“Saya harap, untuk warga masyarakat Pebayuran agar untuk bersabar, karena semua butuh waktu dan proses,”ujarnya.

Dansektor 20 Citarum Harum Kolenel Inf Budijanto melalui Bamin Sektor 20 Citarum Harum Serma Tholib, mengatakan, personel Satuan Tugas Citarum Harum selalu siap dalam melakukan pendampingan dan pengamanan pelaksanaan kegiatan perbaikan tanggul agar semuanya berjalan lancar aman dan kondusif. (BC)

Pos terkait