Menanti Penggantian Nama Jalan Cikarang-Cibarusah Jadi Jalan KH Ma’mun Nawawi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Ruas Jalan Cikarang-Cibarusah sepanjang 21 kilometer direncanakan akan diganti namanya menjadi Jalan KH Ma’mun Nawawi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi menjelaskan pihaknya kini tengah menanti proses penggantian nama jalan untuk mengabadikan tokoh ulama asal Kecamatan Cibarusah tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebagai tahap awal, pihaknya akan membuat surat secara resmi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi kepada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

“Pergantian nama Jalan Cikarang-Cibarusah kewenangan ada di provinsi, jadi harus minta izin Pak Gubernur melalui dinasnya terkait dengan penamaannya dan sebagainya,” ungkap Dedy, Kamis (18/08).

Dedy menjelaskan penggantian nama telah direstui secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72, di Gedung DPRD, pada Senin (15/08) lalu.

Pihaknya bersyukur bahwa rencana yang telah didengungkan sejak 2018 lalu, didukung oleh Ridwan Kamil sebagai tahap awal pengajuan untuk mengabadikan nama KH Ma’mun Nawawi sebagai pahlawan nasional.

“Memang sudah kami usulkan sejak 2018 ketika Almarhum Pak Eka masih menjabat. Prosesnya memang tidak mudah dan panjang karena memerlukan kajian yang dilakukan oleh TP2GP,” ungkapnya.

Dedy optimis bahwa KH Ma’mun Nawawi nantinya bisa menjadi nama pahlawan nasional yang diakui oleh pemerintah pusat. Pasalnya, pihaknya pernah melakukan hal serupa ketika mengabadikan nama KH Noer Ali menjadi pahlawan nasional pada 2006 silam.

“Dulu kami juga bekerjasama dengan beberapa ahli untuk melakukan kajian ketika KH Noer Ali. Mudah-mudahan bisa terwujud kembali sehingga KH Ma-mun Nawawi juga diakui jadi sosok pahlawan nasional,” tutur Dedy. (dim)

Pos terkait