Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat membersihkan sampah di yang hanyut terbawa aliran Sungai Cilemahabang, Sabtu (18/09).
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat membersihkan sampah di yang hanyut terbawa aliran Sungai Cilemahabang, Sabtu (18/09).

Libatkan Masyarakat, Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 72 Bakal Semarak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 72 bakal berasa lebih berwarna dan semarak dibandingkan dengan perayaan pada dua tahun sebelumnya saat masih berada dalam kondisi pandemi.

Hal itu tersirat saat Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyatakan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Bekasi yang diperingati tanggal 15 Agustus tiap tahunnya itu, kali ini akan digelar dengan beragam aktivitas yang melibatkan masyarakat.

Salah satunya, lomba Kampung Bersih Makin Berani yang akan dilaksanakan di tingkat RW dan tingkat perumahan kecil maupun besar. Selain bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, ia ingin seluruh masyarakat ikut terlibat dan turut merasakan euforia Hari Jadi Kabupaten Bekasi.

“Ini supaya perayaan hari jadi tidak hanya sekitar PNS Pemkab Bekasi saja, tapi seluruh masyarakat juga merasakan. Oleh karena itu, kita libatkan masyarakat salah satunya dalam bentuk lomba,” kata Dani Ramdan, Selasa (21/06).

Terdapat lima kategori yang akan dijadikan penilaian pada perlombaan tersebut, yaitu kategori kebersihan dalam sistem pengelolaannya, kategori keindahan lingkungannya, kategori ketertiban baik administrasi penduduk maupun penataan parkirnya, kategori keamanan lingkungan, serta inovasi lingkungan.

“Akan ada lima kategori yang akan masuk dalam penilaian, yaitu kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan, dan yang terakhir inovasi lingkungan. Jika memenangkan lebih dari satu kategori tersebut bisa jadi juara umum,” tuturnya.

Pemkab Bekasi akan mengadakan kegiatan Kick off lomba tersebut pada 3 Juli 2022 mendatang, yang turut diisi dengan gerakan bersih-bersih secara serentak di seluruh RW se-Kabupaten Bekasi. Penilaian akan dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Desa, tingkat Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten.

“Metode pelaksanaannya tidak langsung dinilai begitu saja. Kick off-nya nanti 3 Juli 2022, dengan gerakan bersih-bersih serentak di seluruh RW. Dari situ kebersihannya harus terus dipelihara sampai saat penilaian,” kata dia.

Terakhir, ia mengatakan bahwa kampung yang nantinya menjadi juara akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan, yang akan diberikan pada saat perayaan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 bertempat di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat.

“Nantinya juara akan kita berikan penghargaan pada saat Hari Jadi Kabupaten Bekasi,” kata dia.

Selain lomba kebersihan, Pemkab Bekasi juga akan menggelar Kirab Perjuangan yang melintasi tempat bersejarah di Kabupaten Bekasi serta karnaval Hari Jadi Kabupaten Bekasi yang akan melibatkan 11 kawasan industri dan 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi. (dim)

Baca Juga

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Bekasi di Hotel Nuanza Hotel & Convention Cikarang Selatan, Senin (06/06).

Masterplan Kabupaten Bekasi Smart City Mulai Disusun

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemeritah Kabupaten Bekasi mulai menyusun rencana induk (Masterplan) pembangunan Smart City. …

Suasana pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

Pasca Libur Lebaran, Pelayanan Publik di Kabupaten Bekasi Kembali Dioptimalkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemkab Bekasi memastikan pelayanan tetap optimal pasca mudik lebaran tahun ini. …