Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Dorong Terwujudnya Tata Kelola Pemerintah Berkualitas

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, H. Anden
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, H. Anden

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – DPRD terus mendorong terwujudnya tata kelola pemerintah yang berkualitas di Kabupaten Bekasi.  Seluruh jajaran Perangkat Daerah diminta  intens menjalin kolaborasi untuk sama-sama membangun Kabupaten Bekasi.

“Kolaborasi seluruh perangkat daerah dalam berbagai program kegiatan harus terus ditingkatkan demi terwujudnya tata kelola pemerintah daerah yang berkualitas,” kata anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Anden.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, esensi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Selain itu, tuntutan terhadap kebutuhan rasa aman, tentram dan damai dalam kehidupan masyarakat juga menjadi kebutuhan dasar penting.

“Termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pembangunannya, meninggkatkan taraf perekonomian masyarakat, menurunkan angka kemiskinan, ketersediaan lapangan kerja, meningkatnya indeks pembangunan manusia, mengingkatnya indeks kebahagian dan meningkatnya angka harapan hidup harus dapat diwujudkan dengan baik,” ucapnya.

BACA: Luncurkan Logo Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73, Pemkab Usung Tema Makin Berani Berinovasi dan Berkolaborasi

Berkenaan dengan itu, seluruh jajaran Perangkat Daerah di wilayah setempat harus mampu meningkatkan kolaborasi secara internal maupun eksternal dalam setiap programnya, termasuk dengan masyarakat maupun dunia usaha.

“Seluruh Perangkat Daerah hendaknya bersatu dan saling bahu-membahu. Terutama program kegiatan yang masih terkesan ada ego sektoral, hal ini harus dikesampingkan. Bangun kolaborasi, bukan hanya internal melainkan juga secara eksternal,” ungkapnya.

Terlebih, sambung Anden, semangat kolaborasi ini sesuai dengan tema yang diusung pemerintah daerah pada peringatan hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73, yakni Makin Berani Berinovasi dan Berkolaborasi.

“Tema ini jangan hanya menjadi slogan semata melainkan harus mampu menjadi daya pengungkit dan daya dorong yang ampuh bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih berkualitas di Kabupaten Bekasi,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Bekasi ini.

Sebelumnya, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan merasa bangga Kabupaten Bekasi menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah bangsa dan terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini disampikan Dani saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis, (17/08).

“Indonesia adalah negara kaya akan budaya, potensi-potensi sumber daya alam, serta keragaman yang menjadi kekuatan utama. Sebagai Pj Bupati saya merasa bangga dan terhormat karena kabupaten Bekasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan bangsa. Dan hingga saat ini terus menerus memberikan kontribusi yang bermakna bagi perekeonomian nasional,” kata dia.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini, sambungnya, sepatutnya menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk merenungkan dan merumuskan langkah-langkah nyata menuju kemajuan yang lebih berarti bagi bumi Swatantra Wibawa Mukti. “Mari kita perkuat semangat gotong royong dan persatuan yang juga menjadi tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-73 kemarin, Makin Berani Berkolaborasi dan Berinovasi untuk memperkuat ekonomi dan harmoni,” katanya.

Dirinya meyakini dengan adanya kolaborasi atau sinergi seluruh pihak, masyarakat Kabupaten Bekasi akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan meraih berbagai peluang untuk kemajuan daerahnya. “Kemarin bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Bekasi kita telah diluncurkan program Stempel Setia yang merupakan sebuah sistem pengolahan sampah di hulu dengan metode hermetia (maggot). Inovovasi ini juga melibatkan sinergitas dari berbagai stakeholder terutama sektor pendidikan dan menghasilkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan (sampah) yang menahun,” ungkapnya.

Disisi lain dalam menghadapi era digitalisasi dan globalisasi yang semakin pesat, pihaknya juga mengajak semua pihak untuk terus beradaptasi dan berinovasi dalam berbagai bidang. Pemanfaatn teknologi informasi dan komunikasi perlu terus dioptimalkan untuk menungkatkan efesiensi pelayanan publik, memajukan sektor ekonomi kreatif dan meningkatkan daya saing daerah.

“Seperti yang juga telah kita lakukan di Kabupaten Bekasi, melalui inovasi toko daring Bekasi Berani Beli atau Bebeli. Didalam toko daring telah bergabung 850 UMKM lokal dan sejak diluncurkan di awal tahun lalu nilai teraksaksinya sudah mencapai 49 miliar. Inovasi ini mampu memberikan efek yang berdampak ke berbagai sektor baik dari segi peningkatakn omset UMKM, peningkatan ekonomi daerah juga digitalisasinya,” kata dia.

Upaya serupa juga terus dilakukan di bidang lainnya, termasuk di bidang kepariwisataan dengan program wisata industrinya. “Wisata industri ini yang akan menjadi keunikan dan daya tarik kepariwisataaan Kabupaten Bekasi disamping objek wisata alam maupun buatan yang saat ini telah berkembang. Kita harapkan dengan langkah-langkah kecil ini, setapak demi setapak, kita tempuh mampu menghasilkan sesuatu yang besar bagi Kabupaten Bekasi yang kita cintai,” tuturnya.

Namun demikian, Dani Ramdan juga mengingatkan langkah-langkah untuk memajukan Kabupaten Bekasi juga harus diimbangi dengan upaya lain yang tak kalah penting, yakni menjaga kelestarian lingkungan serta nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita memiliki tanggung jawab moral untuk mewariskan bumi ini kepada generasi mendatang dalam keadaan yang baik dan lestari. Oleh karena itu kita akan terus meningkatkan kesadaran akan pentinganya kelestarian lingkungan, merngurangi dampak perubahan iklim serta mewariskan nilai budaya dan luhur bangsa. Keberagamaan yang ada harus menjadi sumber kekuatan yang menguatakan, bukan sumber perpecahan,” kata dia. (adv)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait