Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh.
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh.

Kemendagri Berharap Disdukcapil Tuntaskan Perekaman e-KTP Warga Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Terkait dengan masih banyaknya warga Kabupaten Bekasi yang belum memiliki e-KTP dan terancam kehilangan hak suara di Pilkada serentak 2017, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh berharap Disdukcapil Kabupaten Bekasi bisa menuntaskan hal itu.

BACA : Kang Aep : Tak Punya e-KTP, Warga Kabupaten Bekasi Tak Boleh Kehilangan Hak Suara

“Kami berharap saat menjelang pesta demokrasi lima tahunan ini, seluruh warga Kabupaten Bekasi yang mendapatkan hak pilih dapat terekam datanya di e-KTP,” kata Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (28/04).

BACA : 500 Ribu Lebih Warga Kabupaten Bekasi Belum Miliki KTP Elektronik

Dikatakan olehnya bahwa data pemilih dalam bentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) akan diserahkan pihaknya kepada KPU di bulan Juli 2016.

BACA : Pilkada 2017, KPU Kabupaten Bekasi Gunakan DPT Berbasis E-KTP

“Maka dari Juli 2016 sampai Februari 2017 itu (DP4) harus diteliti oleh KPU. Yaitu penelitian faktual dengan cara turun ke lapangan,” jelasnya.

“Nantinya KPU bisa melakukan pencocokan dan penelitian dengan turun ke masyarakat, untuk mendata siapa yang usianya naik menjadi 17 tahun, siapa yang meninggal dunia, dan mendata siapa anggota TNI serta Polri yang pensiun sehingga mempunyai hak pilih,” katanya

Saat disinggung kemungkinan adanya pemilih ganda mengingat belum semua warga Kabupaten Bekasi belum terekam e-KTP, ia menyangkalnya.

“Tidak akan terjadi, sebab kita mengacu pada Kartu Keluarga (KK) untuk menentukan hak pilih masyarakat. Jadi sumber acuan kita bukan hanya perekaman e-KTP,” cetusnya. (DB)

Baca Juga

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi saat menyerahkan blangko e-KTP sebanyak 10 ribu lebih kepada Camat Cikarang Utara, Kamis (28/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Serahkan 122 Ribu Blangko e-KTP Untuk 23 Kecamatan, Plt Bupati: Saya Tak Ingin Dengar Lagi Ada Pungli

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengingatkan seluruh Camat …

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja

Mendagri Segera Tunjuk Eka Jadi Plt Bupati Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Setelah dipastikan menjadi tersangka dalam skandal suap perizinan Meikarta oleh KPK, …